4 Tips Mengolah Ayam Kampung Agar Cepat Empuk

By Eka Frasisca → Minggu, 03 Juni 2018
Menikmati masakan yang memakai bahan utama daging ayam tentu sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Apalagi ada banyak menu tradisional yang mempergunakan daging ayam, tentunya sangat dianjurkan menggunakan daging ayam kampung. Memang harganya terpaut jauh dengan daging ayam potong sebab perlu dibeli per ekor dan satu ekornya bisa dihargai Rp 100ribuan. Terutama untuk ayam jago, namun dijamin rasanya lebih enak sekalipun dagingnya tidak segemuk ayam potong. Sekaligus dijamin lebih sehat karena ayam kampung menikmati makanan alami dan rajin bergerak. 

 
Hanya saja untuk mengolah daging ayam kampung biasanya butuh waktu lama, mengingat dagingnya tidak selunak ayam potong. Membantu menjadikan dagingnya lebih lunak dalam waktu singkat maka Anda bisa melakukan beberapa tips di bawah ini:

1. Hindari membeli ayam kampung tua,

Untuk mencegah proses merebus daging yang terlalu lama maka usahakan mencari ayam kampung yang masih muda. Umurnya antara 3-4 bulan, memang tidak terlalu besar namun dagingnya cenderung empuk meski direbus tidak terlalu lama. Anda bisa mendapatkan daging ayam kampung yang lunak dengan proses merebus yang relatif singkat asalkan muda, meski tanpa panci presto.

2. Tambahkan potongan tebu saat merebus,

Sebelum diolah dengan aneka bumbu atau rempah biasanya daging ayam kampung akan direbus terlebih dahulu agar lunak dan nyaman disantap. Proses merebus inilah yang menjadi tantangan karena membutuhkan waktu yang lama. Agar waktu merebus bisa lebih singkat rupanya Anda bisa mencoba menambahkan potongan tebu ke dalam air rebusan. Cara ini dilakukan oleh banyak masyarakat untuk mendapatkan daging ayam kampung yang empuk meski direbus sebentar.

3. Bisa mempergunakan air kelapa,

Untuk memudahkan proses merebus daging ayam kampung yang dikenal lebih keras dibandingkan ayam potong. Rupanya Anda tidak harus mempergunakan panci presto, cukup mengganti air biasa yang selama ini dipakai merebus dagingnya dengan air kelapa. Memang sedikit mengeluarkan modal hanya saja harga air kelapa cenderung murah meriah. Anda bisa mendapatkan daging ayam kampung yang lebih cepat lunak manakala direbus mempergunakan air dari buah kelapa ini. Selain hemat waktu Anda juga bisa menghemat pemakaian gas.

4. Direndam atau di ungkep dulu,

Solusi lain yang bisa membantu mendapatkan daging ayam kampung yang empuk tanpa harus merebusnya berjam-jam. adalah dengan merendam dulu daging ayam kampung yang sudah dipotong dan dicuci ke dalam air berbumbu. Rendaman ini bisa membantu menjadikan tekstur dagingnya menjadi lebih lunak sehingga hanya perlu direbus sebentar saja dan langsung siap diolah. Menariknya teknik di ungkep ini juga mampu memperbaiki kualitas rasa daging ayam kampung sebab air rendaman yang sudah berbumbu bisa terserap hingga ke bagian dalam daging.
tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " 4 Tips Mengolah Ayam Kampung Agar Cepat Empuk "