Tips Mudah Mengelola Keuangan Usaha untuk Anda Sebagai Pemula

By Eka Frasisca → Jumat, 08 Juni 2018
Keuangan dalam menjalankan suatu usaha memang sangat krusial, karena salah saja perhitungan Anda tidak akan mendapatkan keuntungan tetapi malah sebaliknya yaitu rugi. Banyak orang yang mengeluhkan bahwa omset yang didapatkan dalam usahanya sudah besar tetapi keuntungannya selalu habis tanpa ada sisa. Nah, hal-hal seperti itulah yang harusnya dijadikan sebagai pembelajaran untuk mengetahui lebih dalam mengenai pengelolaan keuangan secara tepat. Jangan sampai usaha yang Anda bangun tidak berjalan hanya karena keterbatasan dalam me-managemen keuangan
 

Sadarkan kepada diri Anda bahwa mengatur keuangan secara baik dalam sebuah usaha merupakan sesuatu yang penting. Bukan saja hanya ketrampilan atau modal yang mumpuni dalam melakukan sebuah bisnis usaha tetapi juga cara me-managemen semua hal. Sebagai pemilik usaha Anda harus paham terlebih dahulu ilmu manajemen yang tepat, walaupun itu hanya dasaran. Posisikan diri Anda sebagai manajer atau kepala pada bagian tubuh, kalau manajernya rusak tentu saja semua anggota tubuh tidak dapat berfungsi lagi.

Nah, untuk menghindari permasalahan keuangan berikut ini ada beberapa tips melakukan pengelolaan keuangan dalam bisnis pemula yaitu:

Jangan campur adukkan uang pribadi dengan keuangan usaha.


Dalam beberapa kasus hal ini masih banyak dijadikan sebagai faktor terbesar, tidak sedikit orang yang masih mencampur keuangan dalam usaha dengan keuangan pribadi. Padahal jika Anda tahu itulah sumber permasalahan kecil yang akan menjadi besar. Sebab itu seberapapun usaha Anda baik itu besar ataupun kecil harus selalu pisahkan kedua keuangan tersebut supaya lebih mudah mengontrol antara pengeluaran dan juga pemasukan.

Bagi modal dalam beberapa bagian atau persentase.


Jadi dalam menentukan modal usaha pasti Anda menentukan berapa biaya operasional, pemasaran, pembelian bahan ataupun lainnya. Nah, setiap bagian dalam biaya tersebut haruslah Anda bagi dan tidak lupa untuk menargetkan berapa keuntungan yang harus didapatkan dari modal.

Buat dalam pembukuan yang rapi.

Semua hal yang menyangkut keuangan usaha Anda buatlah pembukuan, mulai dari pengeluaran, pemasukan, hutang, piutang ataupun lainnya. Jika ada sertakan bukti pembayaran atau setiap transaksi yang dilakukan saat menggunakan uang usaha.

Kurangi resiko hutang.

Tidak ada salahnya mengembangkan usaha dengan berhutang, tetapi Anda harus berhati-hati sebab hutang bisa menjadi salah satu permasalahan keuangan. Jangan sampai Anda tersangkut dalam permasalah hutang yang mengancam keberlangsungan usaha Anda.

Setelah semuanya tersistem dengan baiknya saatnya untuk terus mengontrol dari arus uang kas usaha Anda. Kas dapat dikatakan lancar bila bisa memenuhi segala kebutuhan perusahaan dengan aman setiap bulannya. Tetapi sebaliknya jika kas tidak lancar pasti akan mengganggu uang operasional yang tidak seharusnya digunakan dalam kas usaha. Sederhananya segala pemasukan dari penjualan atau omzet setiap bulannya dapat melebihi dari jumlah pengeluaran yang Anda butuhkan, jika sudah begitu bisa dikatakan usaha telah memberikan keuntungan.
tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Tips Mudah Mengelola Keuangan Usaha untuk Anda Sebagai Pemula "