Mengintip Beragam Manfaat Mengkonsumsi Folavit Sebelum Kehamilan

By Eka Frasisca → Selasa, 11 Desember 2018
Asam folat atau folavit adalah anggota yang larut dalam air milik keluarga vitamin B, yang diperlukan untuk pertumbuhan sel dan reproduksi. Saat Anda hamil, konsumsi asam folat memainkan peran penting dalam menjaga tabung netral bayi Anda yang berkembang di otak dan sumsum tulang belakang. Saat rahim membesar, plasenta Anda berkembang, maka tubuh Anda bersirkulasi lebih banyak darah. Karena peningkatan volume darah, kebutuhan folavit muncul di tubuh Anda yang hanya dapat dipelihara oleh pasokan asam folat yang baik. 

 
Gambar terkait

Manfaat asam folat sebelum kehamilan yaitu sebagai berikut:

1. Dapat membantu untuk mencegah terjadinya keguguran maupun menghindari terjadinya komplikasi maupun cacat lagi.

2. Mencegah kekurangan gizi pada janin yang dikandung.

3. Menghindarkan bayi Anda dari bibir sumbing.

4. Apabila kekurangan asam folat dapat meningkatkan resiko persalinan prematur dan meningkatkan tingkat homocyestine dalam darah Anda, yang dapat menyebabkan aborsi yang tidak dapat dipastikan dan komplikasi kehamilan. 

Secara umum, sebagian besar kehamilan tidak direncanakan dan oleh karena itu untuk mencegah cacat lahir tertentu, adalah baik untuk mulai mengambil suplemen asam folat sebelumnya. Dianjurkan untuk mengambil suplemen asam folat tiga bulan sebelum Anda berencana untuk hamil dan kemudian selama tiga bulan pertama kehamilan. Meskipun tampaknya ada banyak manfaat mengambil suplemen asam folat, itu juga dapat mengundang beberapa efek yang tidak diinginkan jika dikonsumsi berlebihan.

Ibu yang mengonsumsi suplemen asam folat selama kehamilan memiliki anak yang lahir dengan asma dan infeksi saluran pernafasan bayi. Wanita yang mengonsumsi asam folat selama kehamilan mereka lebih mungkin untuk mengalah dari kanker payudara daripada mereka yang tidak. Resiko kesehatan tambahan yang terkait dengan mengambil asam folat termasuk pengembangan kanker usus besar ketika sel prenoplastik hadir. Timbang hasil positif dengan resiko, karena ada banyak manfaat serta kerugian mengambil asam folat. Jika Anda merasa telah mengonsumsi asam folat berlebih sebelum dan selama kehamilan Anda, segera temui dokter Anda jika ada efek samping seperti bermasalah saat bernapas, demam, ketidaknyamanan umum, mengencangkan dada dan ruam kulit terjadi.

Semua wanita yang mampu hamil harus mengkonsumsi 400 mg asam folat setiap hari untuk mencegah kelompok cacat tabung saraf (NTDs). Berikut ini beberapa panduan mengenai asupan asam folat:

1. Jika Anda mencoba untuk hamil atau pada hari-hari awal kehamilan Anda, disarankan untuk mengambil 400 mcv.
 
2. Pada saat 4 hingga 9 bulan selama kehamilan Anda harus asupan 600 mcg, sedangkan selama menyusui asupan harus 500 mcg.
 
3. Suplemen asam folat dosis tinggi diperlukan untuk wanita yang menderita diabetes, epilepsy, gangguan kesehatan lainnya dan juga untuk wanita yang memiliki faktor genetik cacat tabung saraf.
 
4. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk ini.
 
5. Jika Anda termasuk di antara para wanita yang sebelumnya memiliki cacat tabung saraf (NTD) mempengaruhi kehamilan, Anda harus asupan asam folat 4000mg setiap hari setidaknya satu bulan sebelum konsepsi.

Selain mengkonsumsi folavit secara langsung, maka Anda juga dapat mengkonsumsinya melalui beberapa makanan seperti sayuran, kentang, brokoli, kacang polong, asparagus, wortel, sawi hijau, kembang kol, lada hijau, selada, jagung dan jenis sayuran lain yang bisa untuk Anda dapatkan dengan mudah. Sedangkan untuk buah-buahan yang baik untuk Anda konsumsi termasuk buah jeruk, semangka, kiwi, blackberry, pisang, nanas, pepaya. Itulah hal penting yang harus diketahui dan dipahami oleh para wanita sebelum memiliki rencana kehamilan.
tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Mengintip Beragam Manfaat Mengkonsumsi Folavit Sebelum Kehamilan "