Cara Benar Mencuci Buah dan Sayur Agar Terhindar dari Virus Corona

By roni setiawan → Selasa, 21 April 2020
Banyak orang yang mengalami stres akan pandemi virus Corona yang tengah menyerang beberapa waktu belakangan ini. Meskipun di Indonesia sendiri baru sekitar 2 bulan virus tersebut sedang ganas-ganasnya menyerang. Namun banyak diantaranya masyarakat yang sudah mulai bosan hanya berdiam diri di rumah saja. Apalagi bagi beberapa orang yang pada dasarnya memang memiliki kecenderungan extrovert. Jadi Anda bisa menyibukkan diri dengan berbagai macam kegiatan agar tidak bosan.

Pada dasarnya Anda tetap bisa melakukan beberapa macam kegiatan di luar rumah, asalkan tetap menjaga keamanan. Misalnya saja adalah dengan berbelanja kebutuhan pangan atau bahan pokok selama masa social distancing ini ke supermarket ataupun juga ke pasar. Mengingat bagaimanapun makan termasuk salah satu jenis kebutuhan penting yang harus dipenuhi. Hanya saja juga patut untuk Anda ketahui bahwa faktanya bahan-bahan makanan ini juga bisa menjadi sarana untuk penularan virus.

Itulah mengapa dianjurkan untuk membersihkannya secara tepat. Lalu bagaimana caranya agar sayur dan juga buah bisa terbebas dari virus Corona ini? mengingat pada dasarnya pakar kesalahan sendiri melarang untuk mencucinya memakai desinfektan maupun juga alkohol. Karena senyawa yang terkandung di dalamnya justru beresiko untuk sebabkan keracunan atau mengganggu kesehatan Anda. Maka tidak perlu khawatir, berikut ini diantaranya sejumlah bahan-bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk mencuci sayur dan juga buah sehingga terhindar dari Corona, yaitu:

Cara Benar Mencuci Buah dan Sayur Agar Terhindar dari Virus Corona

  1. Air garam, garam termasuk bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat. Termasuk diantaranya ia dapat digunakan untuk membersihkan sayur dan juga buah-buahan. Hanya saja memang bagi Anda yang menderita masalah tekanan darah tinggi, maka tidak dianjurkan untuk memakai air garam ini untuk membersihkan sayur dan buah. Cara pakainya mudah cukup dicampurkan dalam air sampai larut kemudian gunakan untuk membersihkan atau mencucinya sebentar. Air garam juga efektif di dalam menghilangkan pestisida yang menempel.
  2. Air cuka, Anda bisa mengandalkan cuka apel uang dicampurkan dalam air, setelah itu gunakan cairan tersebut untuk mencuci sayur dan juga buah-buahan yang ingin dikonsumsi. Hanya saja memang tingkat efektifitasnya dipengaruhi akan kadar cuka yang ada di dalam larutan tersebut. Jadi sesuaikan dengan takaran yang dianjurkan, yaitu dengan perbandingan 1;3, jika Anda menggunakan 1 cangkir cuka, maka pakailah 3 cangkir air.
  3. Air baking soda, selanjutnya adalah campuran antara baking soda dan juga air, bahan aktif tersebut nyatanya juga tidak kalah efektif digunakan untuk membunuh kuman dan menghilangkan residu dari pestisida yang menempel pada sayur dan juga buah-buahan. Baking soda ini juga cukup aman digunakan, karena ia hanya membersihkan di bagian permukaan, tidak sampai kedalam. Sehingga rasa dari buah juga akan tetap sama, jika seandainya kulit dikupas. Cara pakainya sendiri sangatlah mudah, yaitu cukup mencampurkan 8 gram baking soda atau sekitar 2 sendok teh dengan 1 liter air dan pakailah untuk mencuci buah dan sayur tersebut selama 12 menit.


Coba sendiri langkah di atas untuk membuat buah-buahan dan juga sayuran agar terhindar dari virus Corona. Pastikan selama pandemi seperti sekarang ini Anda mengonsumsi makanan yang bernutrisi, sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan pastinya juga tidak akan mudah untuk terserang penyakit, termasuk Covid 19. Temukan berbagai macam informasi terkait dengan wabah Covid 19 lainnya di situs Halodoc.
tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Cara Benar Mencuci Buah dan Sayur Agar Terhindar dari Virus Corona "