Penyebab Bayi Lahir Prematur, Diabetes di Saat Kehamilan Terjadi!

By Dwi Aditya Herfiansyah → Selasa, 06 Desember 2016
Ada banyak hal yang bisa terjadi pada tubuh Anda ketika sedang hamil. Situasi yang sangat berbeda dari normal membuat tubuh kadang tak bisa menyesuaikan diri dengan baik secara sepenuhnya. Akibatnya, terjadilah banyak kondisi yang berakibat pada kesehatan ibu-ibu mengandung tersebut, yang otomatis juga jadi penyebab bayi lahir prematur. Salah satu dari efek kondisi kehamilan yang negatif tersebut adalah diabetes saat hamil.

bayi lahir prematur


Meskipun Anda tak memiliki diabetes sebelum Anda lahir, kondisi badan yang sedang hamil bisa memicu munculnya diabetes, yang kemudian jadi penyebab dari bayi lahir prematur. Ini terjadi ketika tubuh sang ibu yang hamil tak lagi mampu menghasilkan insulin yang cukup karena kondisi tubuh berubah. Entah tubuh jadi cenderung tak lagi mempan dengan insulin, maupun karena kebutuhan insulin ekstra yang seharusnya didapatkan ibu.


Banyak wanita yang bisa terkena diabetes di saat hamil ini, dan meskipun ada yang bisa tetap melahirkan secara normal, ada resiko yang sangat serius yang dimiliki oleh kondisi seperti ini. Ada banyak efek samping negatif yang bisa terjadi ketika sang ibu mengalami diabetes saat kehamilan, misalnya saja:

  • Bayi yang lahir secara prematur sehingga memiliki banyak komplikasi kesehatan seperti gangguan pendengaran ataupun penglihatan, pertumbuhan terhambat, dll.
  • Kemungkinan melahirkan bayi yang ukurannya besar, sehingga membuat Anda semakin kesulitan dalam melahirkan.
  • Banyak mengalami masalah saat melahirkan, seperti misalnya saja dystocia pada bahu.
  • Bahkan dalam skenario terburuk, bayi yang lahir bisa saja langsung meninggal atau Anda mengalami keguguran.
  • Bayi yang lahir dalam situasi ini juga memiliki kemungkinan terkena obesitas atau diabetes saat dewasa.
Hati-hatilah karena diabetes saat hamil ini bisa menjadi penyebab bayi lahir prematur dan membahayakan diri Anda sendiri pula. Makanya, kontrol gula darah Anda saat hamil. Hanya konsumsi makanan sehat seperti susu Lactamil khusus ibu hamil dan berbagai makanan bernutrisi lainnnya dalam jumlah yang terkontrol. Selalu Konsultasilah dengan dokter dan ahli gizi Anda. Jika Anda memiliki berat badan di atas normal, waspadalah.

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Penyebab Bayi Lahir Prematur, Diabetes di Saat Kehamilan Terjadi! "