Tips Memilih Kambing Kurban Terbaik Saat Idul Adha

By Dwi Aditya Herfiansyah → Kamis, 08 Juni 2017
kambing kurban

Idul Adha sebentar lagi akan tiba. Segala persiapan untuk bisa merayakan hari istimewa ini tentu harus menjadi prioritas. Idul Adha selalu identik dengan penyembelihan hewan kurban sehingga banyak orang yang akan sibuk untuk membeli hewan kurban yang nantinya akan dikurbankannya. Mengingat harga jual kambing kurban dan sapi kurban yang terus naik, maka ada baiknya jika Anda menyiapkan dana untuk membeli hewan kurban dengan nominal yang lebih.

Untuk bisa memilih hewan kurban yang terbaik, maka Anda bisa mempertimbangkan beberapa tips berikut ini:

1. Usia hewan

Hewan kurban yang cukup usia menjadi persyaratan yang sangat utama untuk bisa diterima ibadahnya. Untuk usia kambing dan domba, usia minimal adalah sekitar 12 bulan sampai 18 bulan. Sedangkan untuk umur minimal dari sapi adalah 22 bulan. Cara termudah untuk bisa mengetahui usia dari hewan kurban adalah dengan melihat catatan kelahiran dari hewan kurbannya dengan menanyakan kepada pemilik atau dengan metode cek gigi yang bisa dilakukan secara langsung.

2. Tidak memiliki cacat

Pastikan juga jika hewan kurban yang akan Anda pilih tersebut tidak memiliki kecacatan dan sempurna dari segi fisiknya. Terdapat beberapa jenis kecacatan yang membuat hewan kurban menjadi tidak sah mulai dari kebutaan sebelah mata, sakit pincang hingga kondisi hewan yang terlalu kurus sehingga tidak memiliki sumsum tulang. Untuk itu, pastikan kondisi hewan kurban yang akan Anda beli tersebut betul-betul prima.

3. Memiliki nafsu makan baik

Kesehatan hewan kurban tersebut juga harus selalu diperhatikan. Cara termudah untuk bisa melihat dari kesehatan hewan kurban adalah dengan nafsu makan yang baik, mata bersinar, bulu cerah dan lincah ketika bergerak. Alangkah lebih baik jika Anda bisa menanyakan terkait surat keterangan untuk kesehatan hewan tersebut sehingga bisa menjadi acuan yang tepat.

4. Perhatikan juga organ tubuhnya

Ketika Anda ada di lokasi pembelian, Anda juga perlu memperhatikan organ tubuh dari hewan kurban. Anda bisa melihatnya dari segi mata, anus dan hidungnya. Pastikan untuk mencari hewan yang bersih dari segi mata, dengan hidung yang selalu terlihat basah dan tidak mengeluarkan cairan merah terang. Selain itu, proporsi tubuh juga harus standar dengan tulang punggung yang rata dan tanduk seimbang serta kaki simetris.

Pastikan untuk bisa memilih tempat pembelian hewan kurban karena tempat pembelian ini juga bisa menentukan kualitas dari hewan kurbannya. Hindari membeli hewan kurban dengan tempat yang dekat dengan tempat pembuangan sampah. Pilih juga hewan kurban yang selalu dirawat dengan lingkungan bersih serta jauh dari polusi udara sehingga hewan akan sehat secara ragawi.

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Tips Memilih Kambing Kurban Terbaik Saat Idul Adha "