4 Jenis Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Haid

By Eka Frasisca → Selasa, 07 Agustus 2018
Mengalami haid atau menstruasi bagi kaum wanita yang sudah dewasa (baligh) adalah hal yang wajar dan merupakan kodratnya sebagai perempuan. Siklus yang selalu berputar sekali setiap bulan ini umumnya datang disertai rasa nyeri, kaku serta pegal yang menyerang bagian perut dan pinggang. Rasa nyeri dan kaku ini biasa disebut kram perut. Dan disaat seperti ini, mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang salah dapat memicu makin parahnya kram yang dirasakan. Kram pada saat menstruasi ternyata disebabkan oleh kontraksi yang terjadi di rahim. Kontraksi ini adalah proses yang terjadi untuk mengeluarkan darah dari dalam rahim. 
 Gambar terkait
Selain itu ternyata terdapat sebuah zat serupa hormon bernama prostaglandin yang bisa menimbulkan rasa sakit dan bahkan infeksi pada rahim. Makin banyak jumlah zat ini dalam rahim, maka rasa sakit dan nyeri akan makin terasa. Karena itu selama masa haid, sebaiknya Anda lebih memperhatikan berbagai asupan yang Anda konsumsi agar rasa sakit akibat kram perut tadi bisa diminimalisir. Berikut ini adalah 4 jenis minuman yang sebaiknya Anda hindari dan tidak dikonsumsi selama masa menstruasi, yaitu:

  • Minum alkohol

Sebaiknya selama masa haid hindarilah mengkonsumsi segala sesuatu yang mengandung alkohol. Karena mengkonsumsi alkohol dalam jumlah tertentu dapat membuat perut kembung dan makin memperburuk kondisi kram Anda. Hal ini terjadi akibat zat diuretik yang terkandung dalam alkohol menyebabkan retensi air dalam tubuh dan membuat perut terasa kembung dan penuh, dan kram serta rasa nyeri di perut akan makin menyiksa.

  • Kafein

Kandungan kafein dalam coklat, kopi, bahkan teh dan soft drink bisa memperburuk kram Anda selama masa menstruasi. Karena kafein berpotensi membuat pembuluh darah Anda menyempit dan hal ini akan makin memperburuk kram. Selain itu kafein bisa membuat tubuh cepat kehilangan cairan atau dehidrasi, juga bisa menimbulkan sakit kepala dan pusing akibat penyempitan pembuluh darah. Saat daya tahan tubuh wanita umumnya menurun selama masa haid, hal ini tentunya bisa makin memperburuk kondisi tubuh wanita yang sedang menstruasi.

  • Susu dan semua produk olahannya.

Susu, yogurt, juga termasuk keju dan mentega adalah produk yang sebaiknya Anda hindari di saat haid. Kandungan asam arakidonat didalam produk susu dan produk olahannya ternyata adalah penyebab utama yang merangsang terjadinya kram perut di saat menstruasi.

  • Minum manis (gula)

Sifat dari gula adalah memicu adanya peradangan. Karenanya segala jenis asupan yang memiliki kandungan tinggi gula sebaiknya dijauhi selama masa haid apalagi disaat kram menyerang. Selain itu, umumnya selama masa haid kondisi mood wanita jadi tidak stabil. Dan kandungan gula yang berlebihan ternyata memberi pengaruh terhadap perubahan emosi. Dan akibatnya wanita yang sedang haid jadi mudah tersinggung dan cepat marah akibat pengaruh gula tinggi tersebut.

Demikianlah sedikit ulasan tentang beberapa jenis minuman yang sebaiknya Anda hindari disaat sedang dalam masa siklus haid Anda, karena hal-hal diatas dapat menyebabkan rasa nyeri akibat kram perut yang umum datang di saat haid menjadi semakin parah. Sebaiknya banyaklah mengkonsumsi air putih, juga asupan yang tinggi vitamin C, E dan zinc. Minum Jus alpukat, jus strawberry dan air jeruk hangat akan lebih membantu tubuh Anda menjadi lebih bugar dan kuat. Dan akan membuat Anda makin siap menghadapi kondisi-kondisi terburuk disaat menstruasi datang. Selamat mencoba.
tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " 4 Jenis Minuman yang Sebaiknya Dihindari Saat Haid "