4 Kiat Aman Belanja Online yang Musti Dipahami Agar Tidak Tertipu

By Unknown → Kamis, 02 Agustus 2018
Aktifitas belanja online dipastikan disukai oleh semua orang karena praktis dan juga menyenangkan dengan banyaknya pilihan produk yang tersedia. Hanya saja berbelanja di dunia maya juga menuntut pelakunya untuk teliti dan berhati-hati karena tidak bisa memeriksa fisik produk yang dijual. Ketika penjual melarikan diri maka akan sulit melacak keberadaannya tanpa bantuan petugas kepolisian maupun petugas bank. Jadi, untuk mencegah kasus yang berbuntut panjang dan merepotkan baiknya berbelanja di internet dengan cerdas dan teliti. 
 
Gambar terkait
 
Tak semuanya situs belanja di internet berbahaya karena banyak diantaranya terbilang aman untuk dijadikan tempat memenuhi segala kebutuhan. Agar terjamin aman tidak ada salahnya mempelajari kiat berikut ini:

1. Melakukan riset terhadap situs,

Meningkatkan kenyamanan transaksi online yang dilakukan maka tidak ada salahnya melakukan riset terhadap situs yang dituju untuk berbelanja. Pastikan reputasinya baik dan tidak pernah memiliki korban penipuan, bisa dilihat melalui history dan penilaian dari pengguna internet pada situs tersebut. Manfaatkan pula forum online untuk mengecek terpercaya tidaknya sebuah situs belanja sehingga memperkecil kemungkinan sudah order produk di situs yang salah.

2. Membaca kebijakan situs belanja,

Sebelum melakukan order produk baiknya kenali situs Anda berbelanja, dengan membaca kebijakan di dalamnya. Biasanya situs profesional akan menyediakan satu halaman khusus untuk memperkenalkan dirinya pada konsumen. Disinilah Anda bisa mengenal kebijakan apa saja yang diterapkan pengelola situs dalam melayani konsumennya yang berbelanja. Selama kebijakan yang diterapkan memang tidak merugikan atau sesuai dengan kenyamanan Anda maka silahkan melanjutkan transaksi. Namun jika sebaliknya, maka bisa beralih ke situs lain yang lebih sesuai.

3. Membaca diskripsi produk dulu,

Transaksi belanja di dunia maya membuat produk yang dibeli tidak bisa dicek secara langsung sehingga riskan memperoleh produk tidak sesuai foto atau cacat. Menekan kemungkinan membeli produk berbeda dengan foto yang dipajang maka baiknya membaca diskripsi produknya terlebih dahulu. Lewat penjelasan produk inilah Anda bisa memastikan bentuk fisiknya seperti apa, kualitas bahannya bagaimana, dan sebagainya. Sehingga dengan sedikit teliti membaca diskripsi produk Anda tidak akan kecewa sewaktu menerima produk tersebut.

4. Pastikan situsnya terjamin aman,

Berkunjung ke situs yang terjamin aman jauh lebih tepat untuk dilakukan ketimbang asal order begitu saja. Pastikan masuk ke situs belanja yang memang dibuat profesional dan bukannya blog gratisan yang mudah dibuat oleh sembarang orang. Cek tampilan situsnya pula apakah memang didesain profesional untuk keperluan transaksi online yang berkualitas atau tidak. Pastikan pula sistem belanjanya jelas sehingga tidak perlu order via aplikasi pesan instan apabila sudah ada situsnya. Jadi, silahkan cek kembali status situs belanja online apakah aman atau tidak terlebih dahulu.
tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " 4 Kiat Aman Belanja Online yang Musti Dipahami Agar Tidak Tertipu "