Tags:

Wisata Bersejarah Di Yogyakarta Yang Harus Kamu Tahu

By Unknown → Jumat, 19 Januari 2018
wisata bersejarah yogyakartaYogyakarta memang menyimpan keindahan alam yang tiada henti-hentinya, tidak heran karenanya di lokasi ini ada banyak sekali jenis tempat wisata yang menjadi daya taik wisatawan untuk berkunjung ke wilayah ini selain dari hotel murah di Yogyakarta yang dapat ditemukan dengan mudah. Selain karena banyaknya bangunan candi yang megah dan mengandung nilai sejarah, ternyata masih banyak objek wisata sejarah lainnya yang bisa ditelusuri di kawasan Yogyakarta seperti:


Keraton Yogyakarta

keraton yogyakarta
Photo: wikimedia.org

Keraton memang menjadi salah satu objek bersejarh yang wajib dikunjungi selain berbagai bangunan Candi yang ada di Yogyakarta, sebuah bangunan yang menjadi pusat kebudayaan d kota Yogyakarta ini keberadannya memang sangat kental dengan kota Yogyakarta. Asitektur bangunan keraton yang satu ini sangat kental dengan nuansa jawa yang begitu indah dandipenuhi dengan seni, selain itu ada banyak benda yang menari khas keraton yang bisa ditemukan di tempat ini. Jika beruntung, biasanya di keraton ini kamu juga menyaksikan berbagai pagelaran seni yang seringkali dipertunjukan.

Taman Sari

taman sari yogyakarta
Photo: hargatiketmasuk.info

Temukan diskon hotel di Reservasi untuk bisa menikmati berbagai tempat bersejarah yang ada di Yogyakarta, salah satunya yakni Taman Sari, sebuah taman yang sangat diavoritkan oleh wisatawan lokal mauun asing yang berkunjung ke Yogyakarta. Objek wisata yang menyajikan keindahan berupa kolam air yang sangat jernih ini yang dulunya dijadikan tempat mandi anggota kerajaan, lokasinya berada sangat dekat dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat (sekitar 15 menit waktu tempuh).

Tempat yang dulunya juga dijadikan sebagai benteng pertahanan sekaligus tempat rekreasi keluarga kerajaan ini memiliki pemandangan yang sangat indah, selain itu udara di lokasi ini juga terbilang sejuk.

Masjid Gede Kauman

masjid gede kauman
Photo: bimasislam.kemenag.go.id

Masjid yang dibangun oleh Sri Suktan Hamengku Buwono I bersama Kyai Faqih Ibrahim Diponingrat ini masih berada di kawasan Keraton Yogyakarta ini memang sangat menarik untuk dikunjungi, fungsinya sendiri tentunya sebagai tempat ibadah. Namun buka hanya sebagai tempat ibadah saj, masjid dengan bangunan menarik ini juga seringkali dijadikan sebagai tempat untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan sepeti gerebeg syawal. Arsitektur bangunan masjid yang satu ini juga menarik, kompleks masjid ini dikelilingi dinding yang tinggi dengan pintu utama kompleksnya sendiri menggunakan konstruksi Semar Tinandu.

Benteng Vredeburg

benteng vredeburg
Photo: vredeburg.id

Ada banyak hotel murah di Yogyakarta di kawasan benteng yang lokasinya juga dekat dengan Keraton Yogyakarta, sebuah benteng yang dulunya digunakan sebagai tempat untuk mengawasi berbagai gerak gerik keraton oleh Belanda karena diangap cukup membahayakan. Arsitektur bangunan yang satu ini tentunya bergaya Eropa, ada banyak benda-enda menarik dan bersejarah yang merupakan bekas peninggalan pemerintahan Belanda. Di Benteng ini juga terdapat diorama yang menggambarkan kisah dari perjuangan bangsa Indonesia kala itu.

Gedung Agung

gedung agung
Photo: jogja.co

Gedung Agung yang dulunya dijadikan sebagai Istana Kepresidenan yang berada di Yogyakarta ini berada tepat di depan Benteng Agung, jadi saat berkunjung ke Benteng Vredeburg jangan lupa juga untuk berkunjung ke Gedung Agung. Pada masa penjajahan Belanda, bangunan yang satu ini dijadikan sebagai pusat operasional kala itu namun saat ini bangunannya sendiri lebih difungsikan untuk berbagai kegiatan kenegaraan di wilayah Yogyakarta.

Usia bangunan ini kini telah berusia lebih dari 1,5 abad dan saat ini difungsikan juga sebagai museum yang bisa dikunjungi oleh masyarakat umum.

Bintaran

bintaran
Photo: wikimedia.org

Segera cari hotel murah di Yogyakarta untuk menikmati beragam keindahan di wilayah ini, termasuk salah satunya sebuah kompleks yang mana di masa lalu saat penjajahan digunakan sebagai wilayah yang didiami masyarakat yang mayoritasnya sebagai warga Belanda. Peninggalan sejarah yang paling mencolok yang bisa ditemukan di wilayah ini tentunya yakni berbagai bangunan yang bergaya Eropa, sebuah bangunan khas yang telah ada semenjak masa penjajahan Belanda.

Kotagede

Photo: initempatwisata.com

Ada banyak peninggalan berbagai bukti sejarah yang membuktikan bahwa pada zaman dulu telah ada peradaban di wilayah ini. Sebelum tahun 1952, wilayah Kotagede masuk bagian kawasan Kasunanan Surakarta. Suasana tradisional masih sangat terlihat di kawasan ini, mulai dari kompleks Masjid Besar Mataram yang berada di wilayah Keraton dan lainnya.

Bukan hanya itu saja, wilayah yang satu ini juga terbilang masih asri karena masih terdapat banyak pepohonan, sehingga udara yang dihasilkan juga sejuk. Ada beberapa lokasi yang wajib dikunjungi di Kotagede, seperti Pasar Legi dan juga Masjid Agung Kotagede.

Ada banyak diskon hotel di Reservasi jika ingin mendaptkan penginapan di Yoyakarta dengan harga yang murah namun fasilitas lengkap, karena untuk menjelejahi berbagai objek wisata di kota ini memerlukan waktu berhari-hari. Selain dari berbagai jenis wisata sejarah di atas, di wilayah ini tentunya masih banyak berbagai jenis wisata sejarah lainnya yang bisa digali dan dikunjungi, mulai dari tempat wisata hiburan, instagramable, wisata alam, dan lain sebagainya.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Wisata Bersejarah Di Yogyakarta Yang Harus Kamu Tahu "