Tips Cerdas Membeli Oleh-oleh Saat ke Luar Negeri

By Dwi Aditya Herfiansyah → Kamis, 21 Desember 2017
"Oleh-olehnya mana nih?" 
Saat sedang berpergian jauh dan lama, pastinya pertanyaan ini sering ditanyakan.
Meskipun kamu bukan tipe orang yang suka berbelanja dan malas membawa oleh-oleh, namun tetap saja pertanyaan ini pasti akan seliweran di telinga kamu saat kamu pulang traveling. 

souvenir oleh oleh
sumber : http://cdn.theaussienomad.com/wp-content/uploads/2012/12/DoYouCollectTravelTravelSouvenirs.jpg

Agar kamu bisa mendapatkan oleh-oleh yang tepat. Berikut tips untuk membeli oleh-oleh saat traveling:

Anggaran

Buat list orang-orang yang akan kamu berikan oleh-oleh dan tentukan perkiraan angaran masing-masing. Dengan melakukan hal ini kamu membantu kamu terhindar dari over budget karena kebanyakan membeli oleh-oleh. 

Terkadang banyak traveler khususnya perempuan sering terburu-buru membeli barang yang dianggap murah. Tidak mau kan anggaran kamu berlebihan hanya untuk berbelanja, padahal sebelumnya kamu sudah mencari travel pesawat murah guna melakukan pengiritan. 

Catatan kecil

Biasanya suka ada nih teman atau kerabat yang ingin dibelikan oleh-oleh khusus, untuk itu kamu perlu membuat cartatan kecil. Catatan kecil ini juga berguna untuk mengingatkan kamu siapa saja yang akan kamu bawakan oleh-oleh. Setelah dicatat di note kecil, jangan lupa foto dengan HP kamu. Misalkan  catatan hilang, tidak perlu pusing cari-cari lagi. 

Jika kamu sudah berhasil membeli oleh-oleh, tandai catatan kecil kamu. Selain berguna sebagai pengingat dan menghindari kamu membeli oleh-oleh dobel ataupun salah beli.  Note kecil ini juga berguna sebagai pengatur anggaran kamu agar tidak membeli oleh-oleh melebihi batas anggaran. 

Cari Informasi yang tepat

Sebelum berangkat, alangkah baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu sesuatu yang khas dari daerah yang akan kamu kunjungi. Baik itu cinderamatanya ataupun makanannya. Jangan lupa juga untuk mencari tahu dimana bisa membelinya. 

Cara paling mudah untuk tahu informasi tersebut adalah bertanya kepada staff hotel ataupun masyarakat lokal. Tanyakan tempat berbelanja oleh-oleh lengkap yang dekat dengan lokasi kamu menginap. 

Jika ada tempat murah tapi jauh dari lokasi kamu menginap dan perlu banyak waktu untuk mencapainya, lebih baik urungkan niat kamu ke sana.  Yang ada kamu malah keluar banyak uang untuk transportasi dan kehilangan banyak waktu untuk memilih oleh-oleh. 

Pasti kamu tidak mau bukan, uang habis hanya untuk hal ini, padahal sebelumnya kamu sudah berusaha untuk mencari travel pesawat murah dan reservasi tiket pesawat Batik Air di Reservasi.com.

Beli Makanan

Kamu punya teman kantor yang banyak dan bingung mau dibelikan apa?  Hmm, tenang cara mudahnya adalah belikan makanan yang bisa disantao bersama. Trik ini juga bisa kamu gunakan saat kamu mau belikan oleh-oleh untuk kerabat.  Jangan lupa cek berapa lama makanan tersebut bisa bertahan? Apakah mungkin bisa dibawa ke kabin? Apakah baunya menyengat atau mengandung banyak air?  Jangan sampai makanan yang kamu bawa mengganggu orang lain yang satu kendaraan dengan kamu. 

Menawar

Jangan pernah ragu untuk menawar. Walaupun tempat kamu membeli oleh-oleh sudah menentukan harganya, coba untuk tetap menawar.  Jika kamu membeli oleh-oleh dalam jumlah yang banyak, jangan ragu minta pengurangan harga. 

Tawarlah mulai dari setengah harga dari harga awal yang diberikan. Saat menawar,  yang terpenting kamu sebaiknya jangan terlalu menunjukkan wajah antusias di depan penjual. Takutnya, usaha menawar kamu bisa gagal. 

Bahasa lokal

Gunakan bahasa setempat. Kalau ada teman atau kerabat yang bisa berbahasa lokal, bisa kamu minta tolong untuk menemani kamu berbelanja.  Percaya deh, harga murah akan lebih mudah didapatkan kalau ditawar dengan bahasa yang sama. 

Pengiriman

Koper dan tas tidak muat karena banyak oleh-oleh? Saat berbelanja oleh-oleh, tanyakan kepada si penjual apakah oleh-oleh yang kamu beli bisa dikirim ke rumah atau minimal dikirim ke bandara.

Saat ini banyak penjual kok oleh-oleh yang memberikan fasilitas pengiriman ataupun diantar ke bandara sesuai jam penerbangan kamu. Alternatif lain, kamu bisa memakai jasa ekspedisi yang saat ini mudah ditemui.

Kantong 

Jangan lupa membawa reuseable bag. Mengurangi jumlah kantong plastik yang terpakai, barang yang dibeli juga tidak tercecer

Bawa botol air minum dan makanan ringan

Saat berkeliling mencari oleh-oleh pasti membutuhkan waktu lama.  Biar tidak dehidrasi dan lapar siapkan air minum dan cemilan di tas kamu.

Hindari hal ini saat membeli oleh-oleh:
  1. Sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit dan sebaiknya sesuaikan anggaran secara wajar dengan uang cash.  Penggunaan kartu kredit hanya akan membuat pengeluaran menjadi lebih besar.

  2. Berbelanja di saat sibuk dan terburu-buru. Jika memang waktunya tidak cukup untuk berbelanja atau membeli oleh-oleh lebih baik tidak usah dipaksakan. Berbelanja secara terburu-buru akan membuat kamu salah memilih barang ataupun bisa membuat kamu mendapatkan harga yang mahal

  3. Membeli makanan (untuk dibawa pulang) dengan bau yang menyengat dan mudah basi.

  4. Membeli yang tidak berguna. Sah-sah saja belanja banyak karena murah dan sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan. Tapi jangan lantas membeli barang-barang yang dibeli tidak berguna.

  5. Membeli oleh-oleh di bandara ataupun di hotel. Harganya pasti jauh lebih tinggi. Kecuali bukan harga lagi yang menjadi pertimbangan, melainkan waktu.

  6. Membeli barang-barang yang ternyata mudah ditemukan disekitar kita


Nah, Informasi tentang membeli oleh-oleh sudah kita kasih tahu. 
Bagaimana dengan informasi reservasi tiket pesawat Batik Air, Sriwijaya Air, Citilink, serta maskapai pernerbangan lainnya, apakah kamu sudah tahu untuk mendapatkan travel pesawat murah di mana? Nah, jawabannya ada di Reservasi.com. Reservasi menawarkan diskon tiket pesawat hingga Rp1 Juta lho!

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Tips Cerdas Membeli Oleh-oleh Saat ke Luar Negeri "