Tags:

Pastikan Memilih Toko Online Handphone Terpercaya Agar Terhindar dari Tindak Penipuan

By Unknown → Selasa, 19 Desember 2017
Berbelanja secara online kini sedang menjadi tren. Proses belanja yang mudah sehingga para konsumen tidak perlu keluar rumah untuk mendapat barang yang diinginkan, menjadi kelebihan utama dalam belanja online. Kini berbagai macam barang sudah tersedia di toko online, mulai dari pakaian, kosmetik hingga alat elektronik seperti handphone. Bahkan toko online handphone sudah sangat menjamur.


Jika ada kelebihan, tentu ada juga kekurangan yang menyertainya. Di balik segala kenyamanan dan kemudahan dalam berbelanja, namun banyak juga berbagai hal buruk yang bisa saja merugikan terutama pembeli. Apalagi barang yang diperjual belikan merupakan barang mahal seperti handphone. Banyak kasus yang terjadi dimana para pembeli seringkali menerima barang yang tidak sesuai, cacat atau bahkann yang paling parah tidak menerima barang sama sekali lantaran bertransaksi dengan penjual penipu.

Meskipun besarnya risiko yang harus ditanggung oleh pembeli saat melakukan transaksi online, namun hal ini tetap tidak menyurutkan minat konsumen. Untuk itu, bagi Anda penggemar belanja online, apalagi pembelanjaan barang mahal, perlu lebih teliti dan bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut ini agar berbelanja senantiasa aman dan nyaman:

- Toko yang Terpercaya

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari toko online yang terpercaya. Apabila Anda bertransaksi dengan penjual yang memiliki toko online terpercaya, maka dijamin handphone yang Anda inginkan bisa mendarat dengan aman sampai ke alamat Anda. kini sudah banyak toko online handphone yang menawarkan produk dengan beragam jenis, merk dan harga. Untuk itu pembeli harus jeli dalam pemilihan toko sehingga keamanan berbelanja tetap bisa terjamin. Anda bisa mencari rekomendasi dari teman yang pernah melakukan transaksi handphone online atau melihat rekomendasi dari forum di dunia maya.

- Sertifikasi HTTPS

Website yang memiliki sertifikasi HTTPS merupakan website yang terpercaya serta lebih terjamin keamanannya dibandingkan dengan website biasa. Untuk itu Anda bisa menjadikannya sebagai alternatif untuk membeli handphone di website tersebut. Meski begitu, bukan berarti bahwa website biasa itu tidak aman. Anda juga tetap bisa membeli melalui jalur website biasa, namun pastikan untuk mengetahui tentang informasi penjual dan toko sepenuhnya.

- Jaringan internet aman

Menggunakan Wi-fi di tempat umum memang menyenangkan lantaran Anda tidak perlu mengeluarkan biaya. Namun faktor keamanan ketika berselancar di dunia maya dengan Wi-fi kurang bisa terjamin karena termasuk area publik. Bisa saja hacker tidak bertanggung jawab menyalahgunakan profil atau data pribadi Anda untuk melakukan berbagai tindak kejahatan. Disarankan untuk memilih jaringan internet pribadi sehingga keamanan lebih terjamin.

- Aplikasi resmi

Pertimbangkan juga untuk melakukan pembelian lewat aplikasi resmi karena lebih terpercaya dan bisa terjamin. Umumnya aplikasi resmi menggunakan sistem rekening bersama sehingga penipuan bisa diminimalisir lantaran uang belum akan bisa dicairkan penjual sampai pembeli mendapatkan barangnya.

- Metode pembayaran

Kini para pembeli mendapatkan beragam kemudahan dengan beragam sistem pembayaran. Anda bisa memilih COD agar bisa lebih aman karena bisa langsung bertemu penjual toko online handphone untuk melakukan transaksi. Pemakaian kartu debet juga lebih mudah mengingat kini ada sistem sms banking dan internet banking. Penggemar belanja online juga bisa menggunakan kartu kredit. Namun bila Anda membayar dengan kartu, pastikan toko tersebut telah tersertifikasi keamanan agar data Anda tidak dapat disalahgunakan.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Pastikan Memilih Toko Online Handphone Terpercaya Agar Terhindar dari Tindak Penipuan "