Manfaat Donor Darah Bagi Penerima Darah (Resipien)

By Dwi Aditya Herfiansyah → Kamis, 13 Juli 2017
donor darah

Kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang dipandang positif dan mulia yang dapat menolong sesama. Hal tersebut dikarenakan donor darah dapat membantu mereka yang membutuhkan darah tanpa suatu imbalan apapun. Dapat dikatakan kegiatan donor darah dilakukan secara sukarela. Akan tetapi terkadang donor darah ada pula yang dijalani karena situasi yang genting. Seperti ketika salah satu anggota keluarga membutuhkan darah dalam jumlah banyah namun Palang Merah Indonesia (PMI) atau rumah sakit tidak mempunyai stoknya. Hal seperti itu biasanya keluarga pasien yang mempunyai golongan darah yang sama yang di minta untuk mendonorkan darahnya. Tentunya pendonor tersebut harus mempunyai syarat donor darah yang telah di tetapkan oleh Palang Merah Indonesia (PMI).

Donor darah sangat bermanfaat bagi penerima darah (resipien. Bagi penerima donor darah tentu daja dapat menyelamatkan keadaan maupun nyawa pasien ketika kondisi tertentu yang di haruskan mendapat tranfusi darah. Tranfusi darah dapat dilakukan kepada orang – orang yang yang sedang mengalami beberapa kondisi, misalnya :
Korban kecelakann yang kehilangan banyak darah sehingga membutuhkan transfusi darah.
Pasien penderita demam berdarah.
Pasien yang mengalami penyakit tertentu yang harus menjalani operasi.
Pasien yang mengalami pendarahan besar yang terjadi ketika melahirkan yang biasanya dialami oleh sebagian besar kaum wanita.
Pasien penderita talasemia mayor.

Untuk penderita talasemia mayor ini merupakan penyakit yang cukup langkah. Penyakit talasemia mayor ini menyebabkan penderitanya tidak dapat memproduksi sendiri hemoglobin di dalam tubuh. Umumnya penderita menderita penyakit ini sejak lahir atau semasa anak – anak. Hal tersbut membuat penyakit talasemia mayor di sebut dengan penyakit seumur hidup. Dimana penderita penyakit ini memerlukan tranfusi darah secara berkala. Karena tubuh penderita tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal. 

Begitu besar manfaat donor darah untuk menyelamatkan kondisi – kondisi seseorang yang menderita penyakit yang dapat mengancam nyawa mereka. Dengan mendonorkan darah anda dapat membantu mereka untuk menyelamatkan kondisi mereka. Sebelum melakukan donor darah, tentunya ada syarat donor darah yang wajib anda ketahui agar darah yang anda donorkan dapat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Manfaat Donor Darah Bagi Penerima Darah (Resipien) "