Tags:

Jual Sapi Kurban dan 3 Tips Memilih Hewan Kurban yang Bagus!

By Dwi Aditya Herfiansyah → Senin, 10 Juli 2017
sapi kurban

Ketika menjelang hari raya kurban atau Idul Adha maka dengan mudah semakin banyak lapak jual sapi kurban bertebaran. Mayoritas menjual hewan kambing ada pula yang secara khusus menjual sapi, sehingga bisa dijadikan tujuan oleh Anda yang tahun ini akan berkurban. Memilih tempat jualan hewan kurban memang tidak boleh sembarangan perlu yang terpercaya dan memberikan layanan yang jujur. Selain itu Anda pun tidak bisa sembarangan dalam memilih hewan kurban sebab dianjurkan memilih yang terbaik untuk amalan yang terbaik pula. 

Memilih Penjual Terpercaya 

Mendekati hari H, bahkan sejak dua minggu sebelum Idul Adha sudah banyak lapak hewan kurban di sekitar Anda. Meski banyak yang menjadi penjual dadakan bukan berarti semua hewan dagangannya layak atau tidak layak dibeli. Pastikan memilih penjual yang tepat, dengan ciri berikut: 

  • Menyediakan hewan berkualitas, yakni yang sehat dan tidak cacat. 
  • Memberikan pilihan yang banyak sehingga pembeli bisa leluasa menentukan pilihan terbaiknya. 
  • Menawarkan harga yang lumrah atau sesuai harga pasaran yang berlaku. 


Tips Memilih Hewan Kurban dengan Benar 

Setelah menemukan lapak penjual hewan kurban yang tepat maka selanjutnya Anda wajib memilih dengan benar. Pastikan memilih yang terbaik dengan tips sebagai berikut: 

1. Hewan sudah memenuhi target usia ideal, 
Usia hewan yang akan dikurbankan sudah ditentukan, termasuk hewan di usia muda namun tidak terlalu muda. Sehingga berencana berhemat memilih hewan terlalu muda bukanlah keputusan yang dibenarkan. Pastikan usia hewan yang dipilih sudah memenuhi persyaratan dalam Islam, sehingga nantinya menjadi amalan akhirat terbaik Anda bersama keluarga. 

2. Hewan tersebut dalam keadaan sehat, 
Pilih hewan yang kondisi fisiknya sempurna tidak mengalami cacat serta dalam keadaan sehat tanpa luka ataupun berpenyakit. Daging hewan kurban yang sehat akan mengandung nutrisi maksimal sehingga Anda berbagi daging berkualitas untuk saudara semuslim yang menerimanya nanti. Selain itu pilih hewan yang nampak gemuk bukanya kurus supaya daging yang dimiliki banyak dan bisa dibagikan kepada orang lebih banyak pula. Penampilan hewan pun baiknya bersih tidak kusam, apalagi warna bulu bersih seperti putih dan abu-abu lebih diutamakan. 

3. Merupakan hewan ternak, 
Pastikan pula bahwa hewan kurban yang Anda beli di lapaknya merupakan hewan ternak yang dirawat sejak lahir di lingkungan peternakan. Guna memastikan asupan makanan hewan kurban tersebut memang bersih, sehat, sekaligus halal. Sebab ada beberapa hewan liar yang tidak bisa dipastikan sudah mengkonsumsi makanan seperti apa. Dikhawatirkan di dalam organ hewan tersebut mengandung bibit penyakit, maka pastikan termasuk hewan ternak. Baik itu untuk kambing, sapi, unta, maupun kerbau yang diperbolehkan dipilih sebagai hewan kurban sebagaimana tuntunan syariat.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Jual Sapi Kurban dan 3 Tips Memilih Hewan Kurban yang Bagus! "