Tags:

4 Macam Jenis Teh, Minuman Tradisional yang Khas Indonesia

By Dwi Aditya Herfiansyah → Senin, 04 April 2016

Teh merupakan minuman tradisional yang bisa Anda temukan di banyak negara, terutama di negara penghasil teh yang besar seperti Tiongkok dan juga India. Bahkan teh yang berasal dari kedua negara tersebut sudah menjadi standar di banyak negara, dan diakui mempunyai rasa yang lezat. Tetapi bagaimana dengan Indonesia? Adakah teh tradisional yang berasal dari sini?

Jawabannya: tentu ada! Seperti yang pastinya sudah Anda tahu, Indonesia sangat kaya akan hasil alam, dan itu termasuk produksi teh. Dengan semakin modernnya proses penanaman tanaman teh, semakin banyak pula jenis minuman tradisional ini yang bisa Anda temui, dari teh seduh yang bermerk seperti Teh Sariwangi yang nikmat dan sudah sangat dikenal di seluruh Indonesia, sampai merk-merk yang lainnya.

Berikut ini adalah berbagai jenis teh yang bisa Anda temukan di berbagai provinsi di Indonesia:

1. Gunpowder Green Tea
Adalah teh dari Jawa Barat yang bentuk daunnya seperti peluru yang warnanya hijau tua. Beraroma sangat khas, dan sangat nikmat diseduh dengan gula batu serta daun mint. Anda bisa menyeduhnya menggunakan air bersuhu 70-75o C.

2. Oriental Jasmine Tea
Berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, teh ini adalah teh melati yang berasal dari daun teh hijau serta bunga melati. Sangat nikmat diseduh dengan air bersuhu 75-80o C.

3. White Tea
Teh putih dari pucuk daun teh yang tidak dioksidasi. Rasanya ringan, segar, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan, dan enak diseduh memakai air bersuhu 70-75o C.

4. Oriental Red Tea Halimun
Berasal dari Gunung Halimun di Jawa Barat, teh hitam ini berasal dari daun teh hitam sintesis yang dioksidasi sehingga pahitnya berkurang. Aromanya mantap, dan enak diseduh dengan air bersuhu 95o C.

Selain jenis-jenis teh di atas, masih banyak lagi jenis yang lainnya seperti genmaicha dari Jawa Barat, maupun Oolong Tea dari Sumatera. Anda bisa menemukannya di banyak UKM yang menjual produksi-produksi teh lokal. Jangan remehkan teh yang berasal dari Indonesia, karena minuman tradisional ini juga memiliki rasa dan khasiat yang tak kalah dengan teh impor.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " 4 Macam Jenis Teh, Minuman Tradisional yang Khas Indonesia "