Cara Mencegah Gigi Berlubang dengan Sederhana dan Tepat

By Dwi Aditya Herfiansyah → Selasa, 22 Maret 2016
cara mencegah gigi berlubang

Memiliki gigi yang bagus merupakan salah satu keinginan bagi hampir setiap orang. Gigi putih, rapi, bebas plak apalagi gigi berlubang sehingga tidak menimbulkan masalah pada mulut seperti bau mulut. Berbagai cara dilakukan agar masalah pada gigi tidak terjadi dan salah satunya yang paling banyak dicari adalah cara mencegah gigi berlubang. Jika gigi yang berlubang tidak segera diatasi, tidak hanya dapat membuat mulut menjadi bau namun juga mengurangi rasa kepercayaan diri seseorang.

Hal yang wajib dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan gigi. Untuk cara sederhana, terdapat 2 langkah dasar yang dapat dilakukan dan dipilih yaitu pertama, mengunyah permen karet. Akan tetapi, tidak sembarangan permen karet dapat digunakan karena jika mengandung banyak gula, dapat merusak gigi. Permen karet yang digunakan adalah yang mengandung xylitol. Dengan mengunyah permen karet, Anda tidak hanya dapat menjaga kebersihan mulut seperti mengurangi plak yang mungkin menempel pada gigi namun juga mencegah bau mulut.

permen karet xylitol


Kedua adalah dengan melakukan gosok gigi. Aktivitas ini wajib dilakukan 2 kali sehari terutama jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak dan karbohidrat seperti daging dan nasi. Siaran daging dapat terselip di sela-sela gigi yang sering membuat Anda menjadi tidak nyaman. Sehingga agar gigi tetap bersih dan tidak ada sisa makanan yang tersisa, gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride. Penggunaan pasta gigi yang mengandung fluoride sebagai tips mencegah gigi berlubang disebabkan karena fluoride dapat menguatkan gigi dengan cara masuk ke struktur gigi serta dapat mengganti mineral pada gigi yang hilang yang dikarenakan pengaruh asam atau remineralisasi.

kesehatan gigi


Sebelum Anda menggosok gigi Anda, Anda dapat menggunakan benang gigi. Dental floss atau benang gigi berfungsi untuk menghilangkan sisa makanan atau partikel kecil yang berada atau tersangkut di celah gigi sehingga tidak menumpuk dan menimbulkan plak sehingga dapat menjadi gigi yang berlubang. Tidak hanya membuat gigi berlubang, sisa makanan yang berada di sela gigi yang tidak dapat dibersihkan hanya dengan menggosok gigi dini, juga dapat menyebabkan bau mulut.

Cara lain untuk mencegah gigi berlubang yaitu:
  • Menghindari makanan yang menempel misalnya permen karamel yang dapat menempel pada gigi dan membuat gigi berlubang.
  • Mengkonsumsi makanan yang sehat yang dapat berfungsi untuk menguatkan dan menjaga kesehatan gigi. Pilih makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti susu sehingga selain Anda menjaga kebersihan dan kesehatan dari luar, dengan mengkonsumsi makanan tersebut, nutrisi dapat terserap dan membantu menjaga kesehatan gigi dari dalam.
  • Mengunjungi dokter dengan teratur misalnya 6 bulan sekali. Sehingga jika terjadi masalah pada mulut dan gigi, dapat segera dilakukan tindakan yang tepat dan menghemat pengeluaran Anda karena untuk menambal gigi, memerlukan biaya yang cukup besar.


Akan tetapi, jika Anda tidak memiliki waktu dan uang yang cukup untuk mengunjungi dokter, setidaknya Anda harus dapat menggosok gigi Anda dengan cara yang tepat. Anda juga dapat berkumur setelah makan sehingga makanan yang tersisa di mulut Anda dapat terbuang. Jika ingin menjaga kebersihan gigi sehingga dapat terhindar dari berbagai masalah pada gigi termasuk gigi berlubang, cara mencegah gigi berlubang adalah dengan menggunakan Listerine. Mengandung minyak esensial yang menjadi antiseptik sehingga dapat menghilangkan kuman dan bakteri dalam mulut yang menjadi penyebab gigi berlubang dan masalah pada mulut lainnya. Dilengkapi juga dengan fluoride untuk melindungi mulut, gigi dan gusi secara menyeluruh. Jadi, gunakan Listerine untuk perlindungan dan kesehatan mulut Anda!

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Cara Mencegah Gigi Berlubang dengan Sederhana dan Tepat "