Tags:

Wajib Perhatikan Hal Ini Dalam Memilih Makanan Kucing

By Dwi Aditya Herfiansyah → Senin, 11 April 2016
memilih makanan kucing

Kucing merupakan salah satu hewan jinak yang banyak disukai manusia. Meskipun banyak kucing yang berkeliaran di luar sana dan terkesan liar, namun banyak juga yang menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Memelihara kucing juga bisa dijadikan salah satu jenis hobi yang menyenangkan. Jenis kucing yang beragam mulai dari yang sangat mahal hingga yang tidak laku dan berkeliaran di pinggir jalan. Namun ciri khas yang tidak dapat terelakkan dari kucing adalah bulunya yang halus. Semakin dirawat maka semakin lembut dan lebat bulu yang dimiliki oleh seekor kucing. Biasanya, kucing yang dipelihara memiliki bulu yang lebih lembut dibandingkan dengan kucing liar, karena pemilik hewan berkaki empat ini memberikan perawatan yang ekstra bagi binatang kesayangannya. Selain itu makanan kucing juga sangat diperhatikan oleh pecintanya.

Tak jarang pemilik kucing menghabiskan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah untuk merawat hewan lucu tersebut. Mulai dari perawatan bulu, kuku dan makanan yang dikonsumsi kucing. Kandungan yang tepat dan pas akan membuat kucing gesit dan semakin cantik. Makanan yang disediakan untuk kucing harus memenuhi standar agar si manis tidak mengalami obesitas atau kegemukan. Memang kucing yang gendut terlihat lucu dan menyenangkan bagi pemiliknya, namun bagi hewan tersebut akan merasa tersiksa dan tidak sehat. 

Kandungan gizi yang harus diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan kucing adalah protein. Jumlah protein yang lebih banyak akan lebih baik bagi hewan berbulu ini. Lemak adalah salah satu kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh kucing. Namun yang perlu diingat jangan memberikan makanan yang mengandung lemak secara berlebihan untuk kucing, biasakan memilih makanan kucing yang rendah lemak. Berikan makanan yang memiliki tingkat keasaman dan kandungan magnesium yang rendah. Semakin besar jumlah kandungan magnesium yang diberikan pada kucing, akan menyebabkan gangguan pada saluran kencingnya. Selain itu, vitamin A, dan B12 juga sangat dibutuhkan oleh kucing agar tetap sehat.

Selain kandungan gizi yang dibutuhkan bagi kucing, yang perlu diingat adalah kondisi kucing dan usianya. Berikan makanan halus pada kucing yang masih berusia kurang dari 1 tahun. Apabila makanan tersebut dalam tekstur keras, usahakan memberikan air hangat untuk menghancurkannya agar mudah dimakan oleh kucing, kemudian gunakan pipet untuk menyuapi kucing kesayangan anda. Untuk kucing kecil biasakan memberi makan dengan kandungan protein tinggi karena masih dalam pembentukan tulang. 

Sedangkan untuk kucing yang sudah berusia lebih dari 1 tahun berikan makanan yang mengandung kalori seimbang. Kebutuhan kalori kucing berusia 1 tahun sekitar 300 kalori. Sangat tidak disarankan memberi lebih dari 300 kalori, karena akan membuat kucing obesitas. Selain itu berikan makanan kucing yang bervariasi agar tidak bosan. Dengan memberikan makanan yang tepat sesuai kebutuhannya, membuat kucing menjadi lebih sehat dan lucu. Hal itu akan membuat pemilik kucing semakin menyayangi hewan lucu tersebut.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Wajib Perhatikan Hal Ini Dalam Memilih Makanan Kucing "