Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Diabetes

By Dwi Aditya Herfiansyah → Rabu, 24 Februari 2016
Diabetes atau yang biasa disebut penyakit gula atau kencing manis adalah suatu penyakit yang terjadi di dalam tubuh akibat tingginya kadar gula atau glukosa dalam darah yang diakibatkan tubuh kekurangan insulin.

Gejala Penyakit Diabetes Melitus

Untuk diabetes melitus atau diabetes tipe 2 ini, gejala yang ditimbulkan akan terasa sebelum penyakit tersebut benar-benar terjadi dan hinggap pada diri anda, dengan kondisi di mana kadar gula dalam darah ini lebih tinggi dari biasanya atau dari kondisi normal tetapi sangat tinggi jika dibandingkan dengan diagnosa diabetes biasa. Faktor usia juga sangat mempengaruhi terhadap segala jenis gejala yang ditimbulkan dari penyakit diabetes ini, orang yang memiliki usia rata-rata 40 sampai 70 sangat rentan menderita pra diabetes ini, hasil tes darah yang menunjukkan kadar gula dalam darah anda yang tinggi menjadi salah satu diagnosis dan gejala umum dari penyakit kencing manis ini. Gejala diabetes melitus harus anda ketahui sejak dini karena ini merupakan titik awal anda terjangkit penyakit tersebut guna mewaspadai dan menghambat perkembangan penyakit ini agar tidak menjadi lebih parah.

mengobati diabetes


Agar kondisi penyakit tidak lebih parah, maka kenali terlebih dahulu gejala diabetes melitus seperti di bawah ini, yaitu :

1.         Berat badan menurun

Berat badan yang mengalami penurunan yang disebabkan oleh  tubuh yang tidak mempunyai kemampuan yang maksimal untuk memproses glukosa menjadi energi sehingga dampaknya akan memecah otot serta cadangan lemak yang akan menghasilkan energi bagi sel-sel di dalam tubuh, meskipun nafsu makan kita normal tetapi berat badan susah naik.


2.         Sering buang air kecil

Glukosa yang berlebihan dalam darah yang ingin dibersihkan oleh ginjal akan membuat seseorang lebih sering buang air kecil sampai dalam skala yang banyak, meskipun pada kenyataannya anda tidak pernah mengalami hal yang seperti itu, maka anda patut mencurigai bahwa anda terkena penyakit diabetes.

3.         Mudah lelah

Tubuh yang tidak bisa memproses glukosa dalam darah menjadi energi akan mengakibatkan anda mudah mengalami kelelahan meskipun anda tidak bekerja berat atau mungkin juga anda tidak pernah melakukan sesuatu, hal tersebut menjadi indikasi anda terkena penyakit diabetes.

Itulah tiga diantaranya gejala penyakit diabetes yang wajib anda ketahui dan anda lakukan cara mengantisipasinya jika anda mempunyai kondisi seperti gejala di atas.

Penyebab dan Cara Mengobati Penyakit Diabetes Melitus

Ada beberapa jenis penyakit diabetes dan salah satunya yaitu diabetes militus atau sering kita sebut dengan kencing manis, dimana penyakit ini merupakan kelainan pada sistem endokrin dimana terjadilah ganguan pembentukan insulin. Seperti kita ketahui jika insulin itu merupakan jalan masuknya glukosa kedalam sel, dan karena pada penderita diabetes ini jumlah insulinnya sedikit maka tidak dapat bekerja secara optimal dan glukosa pun tidak bisa terserap oleh sel dalam tubuh. Disini ada beberapa faktor yang bisa menimbulkan penyakit berbahaya ini dan kebanyakannya ialah salah satu kebiasaan buruk yang sering kita lakukan selama ini. Mari saya akan paparkan beberapa penyebab datangnya penyakit diabetes melitus.

mengobati diabetes

Ø Faktor yang pertama adalah keturunan dimana orang yang dari kakek atau neneknya ada riwayat penyakit gula darah maka dia 6 kali lebih beresiko terkena penyakit ini. oleh karena itu untuk kalian yang orang tuanya mengidap penyakit tersebut harus lebih waspada dan menjaga tubuhnya supaya tidak terkena diabetes.

Ø Selanjutnya obesitas kelebihan berat badan juga bisa mengakibatkan gula darah menjadi naik, sebab lemak yang ada ditubuh menghalangi insulin yang menghalangi jalur masuknya glukosa yang ada didalam darah. Apalagi jika orang yang memiliki berat badan lebih itu tidak pernah melakukan olahraga sehingga lemak akan menumpuk dan terjadilah penyakit tersebut.

Ø  Selanjutnya yaitu pola makan yang tidak sehat, misalnya anda sering makan yang mengandung lemak tinggi atau anda juga lebih sering mengkonsumsi karbohidrat yang tidak seimbang dengan protein. Jauhi makanan yang mengandung banyak lemak terutama pada makanan yang siap saji itu kesehatannya masih diragukan.

Ø Banyak fikiran bisa berpengarus buruk pada tubuh anda seperti stres yang bisa menimbulkan penyakit diabetes melitus ini, semua manusia yang ada didunia ini tentunya memiliki banyak masalh namun ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan stres tersebut. Asalkan anda tidak terlalu mendalami semua masalah yang terjadi pada anda.

Apabila anda terkena penyakit diabetes sebaikya anda langsung lakukan cara mengobati diabetes secara alami dengan menggunakan tumbuhan atau pun buah – buahan yang aman untuk dikonsumsi dalan jangka waktu yang lama. juga jika diperlukan pemanis anda bisa gunakan gula rendah lemak yaitu tropicana.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati Diabetes "