Tips Memberikan Buku Bacaan Terbaik untuk Si Kecil

By Unknown → Rabu, 12 September 2018
Usia anak adalah usia terpenting pada tiap tahap tumbuh kembang. Sebab pada usia anak kecerdasan dan motorik akan lebih terlatih dibandingkan dengan tahap tumbuh kembang lainnya. Karena merupakan tahapan usia yang paling penting, tentu dibutuhkan bimbingan yang mendukung dari orang tua. Salah satu cara yang bisa orang tua lakukan adalah dengan memberikan buku bacaan yang sesuai dengan usianya. Namun memilih bacaan untuk anak tentu saja tidaklah mudah. Ada berbagai macam tips dan hal yang harus diperhatikan. Apa sajakah itu? Beberapa tips dan hal yang harus diperhatikan ketika memilih bacaan untuk anak adalah seperti berikut:

Hasil gambar untuk anak baca buku

  • Pilih bacaan yang sesuai dengan usia anak Anda. Untuk mengetahui kesesuaian bacaan dengan usia, Anda bisa melihat pada sampulnya.
  • Usahakan memberikan bacaan yang mengedukasi dan mampu memberikan pesan moral yang baik untuk buah hati.
  • Supaya anak menjadi lebih tertarik dengan bacaan yang diberikan, pilihlah yang memiliki banyak gambar dan usahakan juga tiap halamannya memiliki warna menarik.
  • Jangan memilih bacaan yang mengandung unsur berbahaya. Karena hal ini bisa berpengaruh pada kondisi mental dan psikis seorang anak.

Itulah berbagai tips dan hal yang penting untuk diperhatikan ketika memilih bacaan untuk buah hati Anda. Ternyata tidak sulit bukan untuk memilihnya? Memberikan buku bacaan yang sesuai untuk anak ternyata bisa memberikan berbagai macam manfaat. Antara lain:

  • Jika didalamnya terdapat bacaan, maka anak akan terlatih untuk rajin membaca sejak dini.
  • Mengembangkan daya imajinasi dan kreativitas seorang anak.
  • Bisa melatih kecerdasan dan empati anak sejak dini.
  • Melatih psikis anak agar lebih bagus dan teratur.

Selain berbagai manfaat diatas, ternyata masih ada juga manfaat lainnya jika Anda memberikan bacaan terbaik untuk buah hati. Sekarang ini ada banyak bentuk bacaan yang ditawarkan untuk buah hati. Namun sudahkah Anda tahu contoh bacaan apa saja yang sesuai? Nah, untuk contohnya adalah seperti berikut:

  • Dongeng adalah bacaan yang paling bagus untuk anak. Lewat bacaan dongeng inilah Anda bisa melatih rasa empati seorang anak.
  • Komik juga bagus untuk diberikan kepada anak. Namun pastikan komik tersebut memiliki alur cerita yang sesuai dengan usianya.
  • Majalah juga bisa diberikan sebagai bahan bacaan untuk anak. Terutama majalah yang isinya mengedukasi dan memberikan pengetahuan baru bagi buah hati Anda. Tidak hanya majalah saja yang bagus diberikan sebagai bahan bacaan. Namun koran anak tidak ada salahnya diberikan kepada buah hati sebagai bahan bacaan terbaik.

Itulah berbagai contoh bacaan yang bagus dan bisa diberikan kepada buah hati Anda. Terpenting dan harus diingat adalah bacaan yang sesuai dan bagus tentu saja bisa membentuk karakter seorang anak. Aneka bacaan bagus sekarang ini bisa Anda dapatkan lewat toko. Jika tak sempat ke toko, mungkin Anda bisa membelinya lewat online saja. Apalagi sekarang ini sudah ada banyak toko online yang menawarkan bacaan bagus dan sesuai untuk perkembangan buah hati Anda. Soal harga ternyata juga sangat terjangkau bahkan bisa dibilang lebih murah daripada membeli di toko.

Usahakan tidak hanya membeli buku bacaan yang bagus untuk anak saja. Namun ajarkan juga kepada anak untuk memiliki budaya membacan sejak dini. Caranya adalah dengan membuat jadwal waktu membaca setiap harinya. Sebab dengan cara seperti ini anak akan memiliki kebiasaan suka membaca sejak dini yang bisa dibawa hingga ia dewasa.
tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Tips Memberikan Buku Bacaan Terbaik untuk Si Kecil "