Tips Mudah Rawat Mesin Mobil untuk Para Pemula

By Unknown → Selasa, 15 Mei 2018
Mobil kini sudah menjadi kebutuhan untuk setiap orang. Hal ini karena memang mobil adalah kendaraan yang mampu menawarkan kenyamanan lebih. Tak heran jika kini banyak orang yang sangat mengharapkan untuk bisa memiliki mobil pribadi sendiri. Bagi Anda yang sudah memiliki mobil, maka selamat karena Anda sudah selangkah dibanding yang lain. Namun jangan lupa untuk selalu merawat mobil sehingga bisa tetap tahan lama dan juga awet.



Merawat mobil bagi yang sudah lama memiliki mobil tentu menjadi hal yang amat sederhana. Meski demikian hal ini berbeda dengan mereka yang baru memiliki mobil sehingga kadang bingung bagaimana untuk merawat mobilnya dengan benar. Sebetulnya cara perawatan pun mudah saja. Berikut ini beberapa tipsnya:


 1. Cek oli

Pastikan untuk mengganti oli mobil berkala tiap 5000 hingga 10000 km. Hal ini demi memastikan mesin pada mobil tetap bisa bekerja dengan maksimal. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk Anda bisa ketahui oli mobilnya sudah perlu diganti atau belum adalah dengan teteskan sedikit oli pada tangan dan kemudian rasakan apakah ada serpihan halus yang ada di dalamnya. Apabila Anda bisa merasakan serpihan atau kotorannya, maka kemungkinan sudah saatnya oli mobil harus diganti.

 2. Pastikan kopling normal

Bagi Anda pemilik mobil dengan transmisi manual, maka apabila kampas kopling sudah aus, nantinya untuk perpindahan gigi akan makin berat sehingga hal ini bisa ganggu kenyamanan dalam berkendara. Persneling pun akan sulit dipindah sehingga hal ini jadi indikasi kampas koplingnya telah mulai aus.


 3. Isi air radiator dengan cukup

Tentu Anda tahu jika air radiator memiliki fungsi untuk dapat dinginkan mesin ketika sedang bekerja. Untuk itu pastikan isi air pada tabung radiator dengan berkala sehingga mesin pun bisa bekerja dengan baik. Selain itu, apabila Anda cukup sering gunakan air wiper, maka isi tabung air wiper menggunakan air bersih apabila air telah mulai habis.


 4. Periksa kabel dan lampu

Jangan lupakan untuk bisa periksa kondisi kabel dan juga lampu pada mobil dengan rutin. Biasanya Anda akan bisa dapati kabel kendur atau mungkin terputus serta lampu mobil mulai redup. Oleh karena itu demi menghindari masalah nantinya, maka pastikan seluruh kabel serta lampu mobil ada di kondisi normal.


 5. Perawatan pada aki mobil

Aki menjadi pusat kelistrikan yang ada di mobil sehingga harus dijaga dengan baik kondisinya. Untuk itu, hal yang termudah dalam perawatan aki mobil yakni dengan memastikan jika air pada aki ada di level seharusnya yakni di antara garis penanda batasnya. Cara lain yang bisa dilakukan juga yakni dengan mengukur tegangan aki memakai voltmeter.

Ternyata cara perawatan mobil sangat mudah bukan? Ya, cara tersebut cocok untuk dilakukan oleh para pemula sehingga tak usah bingung lagi.


tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Tips Mudah Rawat Mesin Mobil untuk Para Pemula "