Tags:

Kiat Membeli Joran di Toko Pancing Online, Kenali Dulu Bahannya!

By Unknown → Kamis, 14 Desember 2017
Memancing adalah kegiatan rekreasi yang sangat menyenangkan untuk dilakukan, meski mungkin bukan menjadi favorit bagi banyak orang. Toh, cukup banyak komunitas memancing yang ada di Indonesia, suatu hal yang wajar bagi sebuah negara maritim dengan hasil laut yang kaya. Semua orang bisa dengan mudah melakukan kegiatan ini, bahkan di kali kecil dekat rumah. Alatnya bisa dengan mudah ditemukan di toko pancing online pula.


Alat-alat pancing sendiri ada sangat banyak, dan setiap toko pancing yang berpengalaman biasanya menyediakan alat-alat tersebut. Salah satu dari alat pancing yang paling penting adalah joran pancing. Alat ini yang adalah alat pancing utama yang Anda pegang ketika mencari ikan, dan joran inilah yang sangat berpengaruh apakah Anda nantinya dapat ikan atau tidak. Fungsinya adalah dudukan untuk reel pancing serta mengarahkan pancingan. 

Hal penting yang harus Anda perhatikan ketika Anda melihat joran-joran yang dijual di toko pancing online adalah dari bahannya. Bahan pembuatan joran sangat menentukan sifat dan kekuatan dari alat pancing Anda, apalagi kalau Anda ingin memancing di laut. Semakin kuat bahannya, semakin kuat dan awet pula joran tersebut. Biasanya, joran dibuat dari bahan kombinasi berupa serat kaca (fiberglass), graphite, dan karbon. 

Apa beda dari kombinasi bahan-bahan di atas untuk joran? Perhatikan hal berikut ini agar lebih jelas:

- Kombinasi fiberglass dan karbon

Joran yang terbuat dari bahan ini sebenarnya cukup rapuh, meski tidak terlalu masalah ketika ada tekanan. Joran ini juga lentur karena ada fiberglass nya. Tapi karena rapuh, hati-hati jangan sampai Anda mencapai tekanan yang berlebihan kalau tak ingin joran Anda patah.

- Kombinasi fiberglass dan graphit

Graphit adalah bahan yang keras serta kokoh sehingga akan sangat bagus ketika dicampur dengan fiberglass. Namun graphit juga merupakan konduktor alias penghantar listrik yang baik. Jadi hati-hatilah memakainya di saat hujan badai.

- Kombinasi graphit, karbon, dan fiberglass

Sekarang ini, Anda bisa menemukan joran yang merupakan kombinasi antara ketiganya. Bahkan fiberglass yang dipakai pun sudah lebih diperbaharui sehingga mutunya lebih bagus, namanya adalah E-glass. Dengan kombinasi ini, maka joran Anda pun akan menjadi joran yang tetap kuat dan kokoh, namun juga ringan. Masalah tentu saja kembali ke para penjualnya yang menjual jenis-jenis joran tersebut. Tidak semua penjual memberikan informasi dengan jelas tentang bahan apa joran mereka dibuat, seperti takaran dari kombinasinya. Makanya, ketika Anda membeli joran di toko online, perhatikan ini dulu:

- Jangan langsung percaya harga murah

Banyak merk-merk terkenal dan cukup mahal seperti Shimano dan Daiwa. Curiga lah kalau toko online tersebut menawarkannya dengan harga murah sementara mengklaim produknya asli. 

- Harus ada garansi

Paling tidak, toko tersebut harus memberikan garansi bahwa joran yang mereka jual tersebut bisa tahan sampai berapa lama, dan mereka memberikan layanan untuk mengganti atau memperbaiki.

- Lihatlah layanan yang diberikan

Apakah mereka merespon dengan cepat? Apakah proses pembelian dan pembayaran berjalan lancar? Bagaimana dengan pengirimannya? Semua ini harus Anda ketahui dulu.

Membeli joran di toko pancing yang biasa saja belum tentu jadi pekerjaan mudah. Apalagi kalau Anda membeli di toko pancing online. Pastikan Anda bisa melihat foto asli dari alat pancing yang ditawarkan sehingga ada bukti, dan mereka memiliki stok sesuai dengan permintaan Anda. Tentunya Anda tak mau kalau joran 3 kombinasi pesanan Anda ternyata diganti dengan joran murahan saja, bukan?

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Kiat Membeli Joran di Toko Pancing Online, Kenali Dulu Bahannya! "