Tags:

Kelaparan Nigeria Merupakan Tanggung Jawab Masyarakat Dunia

By Dwi Aditya Herfiansyah → Rabu, 26 Juli 2017
Manusia memiliki kebutuhan primer yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidupnya. kebutuhan tersebut salah satunya adalah makanan yang menjadi sumber energi. Pernahkah Anda merasakan kelaparan yang sangat sehingga tidak bisa melakukan berbagai kegiatan karena tubuh yang lemah dan sakit? Di Indonesia mayoritas penduduknya telah bisa memenuhi kebutuhan primer masing-masing dikarenakan kontur tanah yang cukup subur untuk digunakan bercocok tanam. Namun tidak semua negara memiliki hal yang serupa. Di Nigeria misalnya, saat ini tengah terjadi bencana kelaparan yang melanda sebagian besar penduduk termasuk anak-anak dan ibu hamil.

kelaparan nigeria


Kelaparan nigeria memang bukan menjadi berita baru, sudah cukup lama negara ini berada dalam kondisi bencana dikarenakan musim kemarau yang terus menerus sehingga kondisi tanah tidak baik untuk bercocok tanam. Belum lagi masyarakatnya yang berada di bawah garis kemiskinan dengan pemerintahan yang juga belum kuat di mata dunia. Berbagai masalah ini menyebabkan penduduk Nigeria mengalami bencana kelaparan hingga mengakibatkan gizi buruk bagi anak dan busung lapar.

Bencana yang sudah cukup lama ini menjadi perhatian dunia terutama lembaga internasional yang mengurusi masalah kesehatan dan pangan. Dunia memang tidak tinggal diam menyaksikan rakyat Nigeria yang menderita kekurangan makanan. Berbagai bantuan terus mengalir baik dari PBB, negara tetangga, masyarakat internasional dan perusahaan komersil atau sosial. Pemerintah Nigeria sendiri akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa menanggulangi bencana tersebut.

Bagi umat Islam, dengan adanya bencana yang melanda sesama manusia ini, banyak hal yang bisa dilakukan misalnya menyumbangkan sebagian rizkinya melalui sodaqoh, infaq dan sebagainya. Jika dilihat masyarakat di Indonesia pun kini sudah banyak yang mulai melakukan kegiatan sosial untuk Nigeria dengan cara membagikan brosur yang memberi ajakan untuk menyumbang dana agar bisa dibelikan bahan makanan, pakaian dan sebagainya untuk dikirimkan secara kolektif. Kegiatan sosial tersebut banyak dilakukan oleh para mahasiswa, pelajar hingga karyawan swasta dan pegawai negeri. Bahkan lembaga wakaf atau zakat yang ada di negeri ini juga memberi porsi untuk disumbangkan kepada para korban bencana kelaparan khususnya anak-anak dan wanita.

Bagi Anda yang merasa prihatin dan ingin memberikan sumbangan berupa apapun untuk masyarakat Nigeria, Anda bisa menyalurkan sumbangan Anda ke lembaga sosial terdekat misalnya badan zakat, rumah zakat atau lainnya yang memiliki penyaluran distribusi ke Nigeria. Atau jika Anda tidak menemukannya, Anda bisa mencari informasi di internet lembaga mana yang memiliki akses bantuan ke Nigeria. Bantuan berupa dana lebih diutamakan agar bisa digunakan lebih cepat untuk membeli bahan makanan kemudian dikirimkan secara kolektif. Anda bisa mentransfer sejumlah dana ke lembaga tersebut untuk mempercayakannya mengirim bantuan yang Anda berikan. Selain Nigeria, masih ada juga negara Afrika lain yang mengalami bencana misalnya Somalia.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Kelaparan Nigeria Merupakan Tanggung Jawab Masyarakat Dunia "