Tags:

Hukum Qurban dalam Islam: Manfaat yang Bisa Dipetik dari Berqurban

By Dwi Aditya Herfiansyah → Selasa, 25 Juli 2017
Salah satu ibadah yang biasa orang Islam lakukan pada saat hari raya Idul Adha adalah menyembelih hewan kurban. Hal ini sudah banyak orang ketahui bahwa sesuai atau berdasarkan sejarah yang ada memang pada awalnya ibadah yang satu ini merupakan ibadah yang berdasarkan kisah kenabian Nabi Ibrahim AS. yang mana pada saat itu Allah perintahkan untuk menyembelih anaknya bernama Ismail. Peristiwa ini merupakan salah satu ujian untuk keimanan Nabi Ibrahim, bahwa Allah ingin mengetahui seberapa kuat keimanan Nabi Ibrahim yakni apakah Ibrahim lebih sayang kepada makhluk ciptaan-Nya atau kepada Allah swt. dengan segala perintah yang diharuskan untuk dilakukan yakni menyembelih anak kesayangannya yaitu Ismail. Karena sejak kecil kenabian Ismail pun sudah terlihat, maka dengan suka rela dan lapang dada Ismail menerima dan meminta agar ayahnya yakni Ibrahim untuk menyembelih dirinya.

hukum qurban

Berdasarkan peristiwa dan kisah yang dihadirkan oleh kenabian Ibrahim ini memang ada beberapa hal yang bisa Anda petik hikmahnya yang memang banyak hal yang bermanfaat yang ada yakni sebagai berikut:

1. Menjalankan syariat Islam,
Hukum qurban dalam islam dalam agama adalah sunnah muakad untuk mereka yang mampu dan memang menjadi salah satu hal yang harus bisa dijadikan sebagai salah satu ibadah yang memiliki banyak manfaat salah satunya adalah pelajaran untuk bisa memetik hikmah dari kejadian nabi Ibrahim yang bahkan rela untuk mengorbankan anaknya, sementara kita sebagai manusia biasa hanya untuk diperintahkan menyisihkan sebagian harta yang dimiliki saja untuk melakukan ibadah yang sebaiknya ditegakkan ini.

2. Berbagi sesama,
Selain memiliki suatu manfaat yang bisa dipetik yakni dari kisah Nabi Ibrahim yang bisa Anda pertimbangkan dengan baik maka salah satu hal yang bisa Anda petik lainnya adalah dengan pertimbangan bahwa berbagi antar sesama itu penting dan bisa menjadi salah satu bentuk bahwa kita adalah sesama manusia yang harus saling tolong menolong dan bisa menjadi kerukunan antar sesama semakin bertambah. Untuk itu sangat penting bagi Anda dan lingkungan sekitar Anda.

3. Menumbuhkan toleransi,
Selain sebagai bentuk untuk berbagi antar sesama yakni dengan membagi-bagikan daging kurban yang bisa Anda bagikan kepada para tetangga, maka hal ini juga secara tidak langsung memang mencerminkan sebagai salah satu bentuk bahwa hal itu bisa membuat Anda merasa tumbuh toleransi antar sesama sehingga bisa menjadikan keakraban antar sesama semakin tumbuh.

4. Memperkuat keimanan dan rasa syukur,
Sebagai salah satu wujud berupa bentuk syukur yang bisa menyadarkan Anda juga bahwasanya harta hanya berupa titipan dari Allah swt. yang mana hal itu akan kembali kepada-Nya, karena semua hanya milik-Nya.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Hukum Qurban dalam Islam: Manfaat yang Bisa Dipetik dari Berqurban "