Dua Jenis Kehamilan Kembar yang Perlu Diketahui Seorang Ibu

By Dwi Aditya Herfiansyah → Kamis, 19 Januari 2017
jenis kehamilan kembar

Proses kehamilan kembar memang tidak jauh berbeda dengan kehamilan tunggal, dan dalam dunia medis disebut kehamilan multifetus atau ganda. Penyebab kehamilan ganda memang tidak sedikit sehingga sampai sekarang masih menjadi pertanyaan besar. Pasalnya banyak ibu bisa hamil dua janin atau lebih namun tidak sedikit pula yang menikmati kehamilan tunggal. Penelitian yang dilakukan sejak dulu sampai sekarang memang menemukan serangkaian penyebab kehamilan ganda ini, namun tetap saja sifatnya tidak pasti. 

Kenali Jenis-Jenis Kehamilan Ganda 


Bagi ibu yang diketahui tengah menikmati kehamilan bayi kembar maka akan sangat antusias belajar merawat diri dan janin. Namun, sekedar informasi tambahan kehamilan ganda ternyata terbagi ke dalam dua jenis, yakni:

Kehamilan ganda Monozigotik, 

Kehamilan monozigotik juga disebut dengan hamil kembar identik sehingga setelah lahir bayi akan memiliki kemiripan hampir 99%. Proses ini terjadi karena terdapat satu sel telur yang dibuahi satu sperma. Kemudian tanpa diketahui pasti penyebabnya sel telur kemudian membelah menjadi dua atau lebih sehingga nantinya lahir bayi kembar identik. 

Kehamilan ganda Dizigotik, 

Kebalikan dari kehamilan monozigotik, dizigotik diawali dari proses pembuahan dua sel telur atau lebih oleh dua sperma berbeda. Sehingga kedua sel telur sama-sama dibuahi dan berkembang menjadi janin. Kelahirannya nanti akan membangun bayi kembar non identik sehingga ada kemungkinan wajahnya berbeda. Kehamilan seperti ini memang memiliki presentasi sama besarnya dengan kehamilan bayi ganda identik. Selain karakter fisik karakter sifatnya pun setelah tumbuh dewasa akan berbeda. 

Adakah Resiko Selama Hamil Kembar? 


Banyak dan sepertinya hampir semua ibu merasakan kebahagiaan lebih besar mengetahui tengah hamil bayi kembar. Namun usahakan memberi perhatian lebih supaya janin kembar di dalam kandungan semakin kuat dan sehat. Pasalnya kehamilan ganda juga rentan resiko yang lebih banyak, baik resiko selama hamil maupun usai bayi lahir. Seringnya bayi lahir prematur sehingga butuh perawatan lebih dan khusus. Siapkan diri menjalani kehamilan kembar dengan rajin mengkonsumsi Susu Lactamil dan makanan sehat lainnya. Nikmati masa kehamilan menyenangkan bersama Lactamil yang enak dan kaya gizi.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Dua Jenis Kehamilan Kembar yang Perlu Diketahui Seorang Ibu "