Siapa Bilang Pakai Kartu Kredit Tidak Bisa Hemat?

By Dwi Aditya Herfiansyah → Minggu, 27 September 2015
cara memanfaatkan kartu kredit

Ada banyak sekali tips cara mengatur keuangan yang baik yang bisa Anda praktikkan setiap hari. Di antara sekian banyak tips tersebut, Anda mungkin sering mendengar jika  penggunaan kartu kredit bisa membuat Anda jadi lebih boros.

Sebenarnya anggapan tersebut timbul karena kurangnya pemahaman masyarakat akan konsep kartu kredit. Tetapi melalui tips cara mengatur keuangan yang baik berikut ini, Anda jadi bisa berhemat semaksimal mungkin walaupun sudah memiliki kartu kredit :

Jangan Hanya Memperhatikan dengan Promosi

Hal yang paling menyenangkan saat mendapatkan tawaran kartu kredit adalah bonus-bonus yang menyertai promosi tersebut. Ada yang memberikan aneka souvenir hingga tiket pesawat untuk berlibur. Tetapi hal ini bukan satu-satunya yang wajib jadi fokus Anda.

Sebaliknya, Anda justru harus lebih cermat dalam melihat karakteristik kartu kredit tersebut. Berbagai biaya kartu kredit mulai dari biaya tahunan hingga program cicilan 0% yang nantinya bisa membuat Anda jadi lebih hemat. Tak perlu ragu menanyakan soal rincian biaya yang nantinya harus Anda bayarkan setelah menggunakan kartu kredit tersebut.

Ubah Pola Pikir Tentang Kartu Kredit

Banyak orang yang berpikir kalau kartu kredit adalah alat modern untuk berutang. Anggapan ini tentu saja sangat keliru. Sebab sejatinya kartu kredit adalah alat yang membuat transaksi pembayaran jadi lebih cepat dan praktis. Saat sedang bepergian ke luar negeri, membawa kartu kredit tentu akan jauh lebih aman daripada harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak.


Tak Perlu Tergoda Membayar Nilai Minimum

Nilai minimum kartu kredit yang harus dibayarkan setiap bulan memang menggoda. Hal tersebut seakan bisa membuat pengeluaran rutin Anda jadi makin hemat. Padahal membayar nilai minimum kartu kredit setiap bulan adalah suatu kesalahan.

Jika Anda memiliki cukup uang untuk melunasi utang pada kartu kredit, segera lunasi secepatnya. Membayar nilai minimum kartu kredit terus menerus hanya akan membuat utang menumpuk dan terkena bunga. Makin besar jumlah utang kartu kredit, semakin minim kesempatan Anda untuk berhemat.

Memaksimalkan Fasilitas yang Diberikan Oleh Kartu Kredit

Ada banyak sekali fasilitas kartu kredit yang saat ini bisa Anda manfaatkan dengan baik. Misalnya manfaat promosi cicilan 0%, diskon ketika berbelanja atau bersantap di merchant tertentu, serta diskon untuk membeli tiket pesawat. Usahakan untuk selalu mencari informasi terbaru seputar program promosi tersebut sehingga perilaku hemat tak sulit untuk diwujudkan.

Siap untuk berhemat bersama kartu kredit? Segera praktikkan tips cara mengatur keuangan yang baik ini, dan ketahui bagaimana cara memanfaatkan kartu kredit dengan baik disini !

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Siapa Bilang Pakai Kartu Kredit Tidak Bisa Hemat? "