Tags:

4 Tips Mudah Agar Hutang Tidak Jadi Beban Hidup

By Dwi Aditya Herfiansyah → Minggu, 06 September 2015


Pendapatan selalu cukup untuk biaya hidup, namun tak pernah cukup untuk memenuhi gaya hidup. Ungkapan ini agaknya memang benar adanya. Namun, terkadang tidak dapat dipungkiri bila Anda memiliki kebutuhan tak terduga yang tidak bisa diatasi dengan kondisi finansial Anda. Bila sudah begini, meminjam uang dari teman atau pihak lain rasanya jadi pilihan terbaik.

Saat sudah meminjam uang dari pihak lain, kewajiban untuk membayar hutang tersebut sering dirasa jadi masalah baru. Padahal sesungguhnya bila Anda memahami cara mengatur keuangan dengan baik, tentu saja Anda bisa melunasinya dengan tepat waktu. Empat tips berikut ini akan membantu Anda memahami cara mengelola gaji yang tepat dan berhemat demi membayar utang.

Jadikan Hutang Sebagai Prioritas

Bila gaji bulanan sudah masuk ke rekening Anda, maka saatnya Anda membagi gaji tersebut untuk setiap kebutuhan hidup. Bagian pertama harus Anda sisihkan untuk kebutuhan hidup rutin selama satu bulan. Dan berikutnya jangan lupa sisihkan uang untuk membayar hutang. Jangan sampai Anda sibuk bersenang-senang dengan gaji tersebut sampai akhirnya malah kehabisan uang dan tak bisa membayar hutang tepat waktu.

Lunasi Dulu Hutang yang Paling Besar

Mungkin kebutuhan Anda sangat mendesak hingga akhirnya Anda harus memiliki beberapa hutang. Namun, tak perlu khawatir jika Anda mengalami hal tersebut. Usahakan untuk melunasi hutang yang nilainya paling besar terlebih dahulu. Biasanya hutang yang besar adalah hutang yang paling menyita pendapatan Anda. Apalagi jika bunga dari hutang tersebut terhitung besar dan terus meningkat seiring dengan bertambahnya waktu berhutang. Sehingga, nantinya hutang tersebut akan segera lepas dari beban Anda dan Anda hanya perlu mengurus sejumlah hutang kecil lainnya untuk dilunasi.

Kurangi Gaya Hidup Konsumtif

Duduk di cafe demi segelas kopi, pergi menonton film di bioskop tiap minggu, dan membeli gadget baru secara berlebihan adalah gaya hidup konsumtif yang mungkin tidak terlalu Anda butuhkan. Sebaiknya Anda mulai mengurangi gaya hidup tersebut dan fokus untuk menghemat pengeluaran.

Jika nantinya hutang Anda sudah terbayar lunas, Anda masih bisa menikmati gaya hidup tersebut di lain hari. Namun, jangan lupa juga kalau Anda punya kewajiban lain dan kepentingan untuk memilih investasi selain menikmati hidup dengan gaji bulanan.

Fokus untuk Menambah Pendapatan

Tidak hanya sibuk berhemat yang bisa Anda lakukan demi melunasi hutang. Anda pun bisa mencoba mencari penghasilan tambahan supaya tidak hanya mengandalkan gaji bulanan utama saja. Cara ini tentu sangat efektif karena pendapatan tambahan tersebut nantinya juga bisa Anda kelola untuk hal lain jika hutang Anda sudah dibayar lunas.

Perbaiki pemahaman Anda tentang cara mengatur keuangan supaya kesempatan untuk bebas dari hutang jadi semakin besar. Sebab, hidup tanpa utang akan membuat Anda merasa lebih lega dan siap menata rencana masa depan dengan lebih baik.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " 4 Tips Mudah Agar Hutang Tidak Jadi Beban Hidup "