Temukan Cara Alami dan Ampuh untuk Mengobati Sariawan!

By Dwi Aditya Herfiansyah → Kamis, 06 Agustus 2015
Mengidap penyakit tertentu bisa membuat Anda menjadi gelisah, kehilangan konsentrasi, menjadi lemah, dan tidak bersemangat. Baik jenis-jenis penyakit berat maupun ringan, semuanya bisa membuat aktivitas Anda menjadi terganggu.

Kalau menyebut tentang jenis-jenis penyakit ringan namun sangat menyiksa, pikiran Anda mungkin langsung tertuju pada penyakit sariawan. Sariawan memang tergolong sebagai penyakit ringan yang menyerang organ mulut atau tenggorokan. Tetapi, sebaiknya Anda lebih teliti menjalani pola hidup sehat supaya Anda bisa menjauhi penyakit sariawan setiap saat.

Tanda-Tanda Kalau Sariawan Sudah Menyerang

Penyakit yang satu ini biasanya sering dikaitkan dengan kekurangan asupan vitamin C. Sariawan karena kekurangan vitamin C memang itu benar, tetapi sebenarnya bukanlah kurang vitamin C yang jadi penyebab utamanya.

Ketika tubuh Anda kekurangan vitamin C, maka sistem kekebalan tubuh akan mulai menurun dan membuat kekebalan tubuh jadi lengah terhadap serangan bakteri atau jamur. Akibatnya, infeksi yang disebabkan oleh serangan jamur candida albicans bisa menyebabkan mulut atau tenggorokan Anda mengalami radang atau yang dikenal dengan istilah sariawan.

Gejala Sariawan Memang Gampang Diterka

Gejala penyakit yang menyerang mulut ini memang sungguh mudah diterka. Ketika daerah bibir, langit-langit mulut, atau tenggorokan Anda memperlihatkan gejala bercak putih, bercak merah, bengkak yang disertai rasa nyeri, maka sudah dipastikan Anda sedang mengalami sariawan. Sariawan yang parah bisa membuat nafsu makan Anda jadi berkurang karena aktivitas mengunyah makanan membuat bagian mulut atau bibir Anda terasa sangat nyeri.

penyebab gejala sariawan

Mengobati Sariawan dengan Cara yang Alami

Sariawan yang begitu menyiksa Anda sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang alami tanpa melibatkan zat antibiotik. Sebagai langkah untuk mengatasi sariawan, konsumsi makanan yang mengandung zat probiotik seperti yoghurt, kimchi, dan kefir (produk olahan susu) bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di mulut dan sistem pencernaan. Hasilnya, bakteri baik akan membantu memerangi infeksi jamur yang menjadi penyebab utama sariawan.

Sementara untuk balita yang mengonsumsi ASI eksklusif, sariawan bisa diatasi dengan mengoleskan minyak kelapa pada mulut bayi dan daerah puting ibu. Minyak kelapa memiliki kandungan anti jamur alami yang ampuh memerangi sariawan. Para ibu juga disarankan untuk mengonsumsi bawang putih yang menjadi anti bakteri alami sehingga ASI yang diberikan mengandung antibodi alami bagi tubuh anak.

Mengatasi jenis-jenis penyakit ringan memang bisa dilakukan dengan cara yang sederhana. Namun, hendaknya Anda lebih memperhatikan gaya hidup sehat secara disiplin sebagai tindakan pencegahan penyakit. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

Sources:
naturalnews.com/037793_thrust_baby_natural_remedies.html#
emedicinehealth.com/oral_thrush/page6_em.htm
everydayhealth.com/news/facts-oral-yeast-infections-thrush/

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Temukan Cara Alami dan Ampuh untuk Mengobati Sariawan! "