4 Gangguan Kesehatan Ini Sering Muncul Saat Berpuasa

By Dwi Aditya Herfiansyah → Senin, 29 Juni 2015
jenis dan macam penyakit

Datangnya bulan suci Ramadhan selalu membawa suasana khidmat bagi umat muslim yang sedang menjalaninya. Menjalani ibadah puasa berarti mempersiapkan diri untuk kembali ke hati yang fitri dan memulai awal kehidupan secara lebih baik lagi. Sayangnya banyak sekali jenis-jenis penyakit yang muncul akibat perubahan pola makan selama beribadah puasa. Sehingga, tak bisa dielakkan jika jenis-jenis penyakit tersebut membuat puasa Anda jadi terganggu.

Sebenarnya jenis dan macam penyakit apa saja yang muncul ketika berpuasa di bulan Ramadhan?

Penyakit Maag dan Gangguan Pencernaan
Memiliki riwayat penyakit maag tidak jadi halangan bagi Anda untuk menjalani ibadah puasa. Jika Anda sudah berkonsultasi dengan dokter untuk mempersiapkan aktivitas puasa, maka Anda bisa meminimalkan gejala penyakit maag serta gangguan pencernaan lainnya. Biasanya penyakit maag terjadi jika Anda mengonsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu banyak, berada dalam kondisi stres, serta memutuskan untuk langsung tidur setelah menyantap hidangan berbuka dan sahur.


Dehidrasi
Dehidrasi adalah gangguan kesehatan yang tidak dapat dianggap sepele, apalagi jika terjadi saat beribadah puasa. Karena, dehidrasi dapat mempengaruhi terjadinya gangguan kesehatan lain seperti mudah lelah, sembelit, penurunan kinerja otak, serta kurang konsentrasi. Ketika menjalani ibadah puasa, Anda harus lebih cermat mengatur jumlah air yang Anda konsumsi selama waktu berbuka. Dengan mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup, risiko dehidrasi yang dapat menganggu kesehatan bisa diminimalkan.


Bibir Kering dan Sariawan
Kekurangan konsumsi air saat berpuasa juga dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan sariawan. Kondisi bibir kering dan sariawan turut diperparah jika Anda sering mengonsumsi makanan yang bercitarasa asin atau pedas selama berpuasa. Jika Anda mengonsumsi buah-buahan, aneka sayuran dan air dalam jumlah yang cukup, niscaya kondisi bibir kering dan sariawan tidak akan mengganggu Anda saat berpuasa.


Sembelit atau Susah Buang Air Besar
Penyakit sembelit atau konstipasi memang tampak sepele, tetapi cukup membuat metabolisme tubuh Anda jadi terganggu. Sembelit bisa terjadi jika Anda terbiasa menyantap makanan siap saji atau makanan rendah serat saat berpuasa.

Solusi untuk menyembuhkan atau mencegah sembelit cukup sederhana. Hanya dengan menyiapkan hidangan berbahan dasar buah dan sayur dan dibarengi dengan konsumsi air dalam jumlah yang mencukupi, kondisi sembelit yang Anda alami dapat berangsur-angsur membaik dari hari ke hari.

Kini Anda sudah mengenali 4 jenis-jenis penyakit yang sering terjadi saat berpuasa serta penyebab dan cara pencegahannya. Berpuasa jadi semakin lancar dan menyenangkan jika dilakukan dengan tubuh yang sehat dan bersemangat. Yuk, ajak keluarga dan sahabat untuk tetap hidup sehat selama berpuasa. Selamat menunaikan ibadah puasa!

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " 4 Gangguan Kesehatan Ini Sering Muncul Saat Berpuasa "