Kiat Ini Menghilangkan Dengkuran Saat Tidur

By Dwi Aditya Herfiansyah → Senin, 25 Mei 2015
cara menghilangkan dengkuran

Tidak ada orang yang senang bila waktu tidurnya terganggu dengan suara dengkuran. Suara dengkuran atau yang akrab dikenal dengan istilah ‘ngorok’ tidak hanya bisa membuat orang lain terganggu, namun juga menjadi salah satu indikasi terjadinya gangguan kesehatan.

Adanya dengkuran saat tidur menandakan bahwa tubuh harus berusaha ekstra keras untuk mendapatkan suplai oksigen bagi otak dan organ tubuh lainnya. Kekurangan oksigen yang ditandai dengan dengkuran dapat meningkatkan risiko penyakit jantung maupun penyakit stroke. Bila Anda atau orang-orang terdekat mengalami kondisi mendengkur saat tidur, Anda tidak perlu khawatir karena perilaku mendengkur bisa diatasi dengan beberapa kiat sederhana di bawah ini:

Mengubah Posisi Tidur

Posisi tidur terlentang rupanya berpotensi membuat pangkal lidah dan langit-langit mulut menghalangi sirkulasi pernapasan selama tidur. Oleh sebab itu, mengubah posisi tidur supaya pangkal lidah tidak menutupi tenggorokan bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah terjadinya dengkuran saat tidur.

Memulai Program Penurunan Berat Badan

Jika Anda tidak mendengkur saat berat badan masih ideal dan mulai mengalami masalah mendengkur saat berat badan Anda naik, berarti sudah saatnya Anda melakukan program penurunan berat badan. Berat badan yang naik bisa memicu menumpuknya lemak di daerah sekitar leher dan menyebabkan sirkulasi pernapasan di tenggorokan menjadi terganggu. Dengan menurunkan berat badan hingga mencapai tahap ideal, maka risiko mendengkur saat tidur jadi bisa diminimalkan.

Jangan Terlalu Lelah Sebelum Tidur

Banyak orang yang terbiasa tidur setelah melakukan aktivitas yang sangat melelahkan. Padahal, hal ini justru berisiko menimbulkan dengkuran saat tidur. Otot-otot tubuh yang lelah dan berada dalam kondisi tegang saat tidur bisa membuat Anda tidur dengan keadaan mendengkur. Efek yang ditimbulkan oleh kondisi tidur dalam keadaan sangat lelah bisa dikategorikan sama dengan efek yang timbul jika Anda meminum alkohol 4 hingga 5 jam sebelum tidur.

Mari Membersihkan Kamar Tidur dan Kasur

Kamar tidur dan kasur yang kotor ternyata juga bisa menjadi penyebab dengkuran. Cobalah untuk membersihkan kamar tidur Anda secara keseluruhan mulai dari bagian langit-langit, lantai, kasur hingga bantal dan guling. Cobalah untuk mengganti atau membersihkan bantal yang sudah lama Anda pakai. Karena partikel-partikel debu dan kotoran pada bantal dapat membuat Anda alergi dan menyebabkan Anda jadi mendengkur saat tidur.

Bila Anda sudah melakukan keempat kiat tersebut tapi masih belum bisa menghilangkan kebiasaan mendengkur, berarti Anda sebaiknya melakukan cek up kesehatan . Karena melakukan cek up kesehatan sejak dini akan membantu Anda mendeteksi peluang penyakit yang mungkin timbul di kemudian hari. Tidak perlu khawatir dengan hasil cek up kesehatan yang mengejutkan, karena Anda akan memiliki kesempatan besar untuk memperbaiki gaya hidup. Mari hidup sehat dan tinggalkan kebiasaan mendengkur Anda sekarang juga!

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Kiat Ini Menghilangkan Dengkuran Saat Tidur "