Menilik Gejala Terjadinya Kehamilan Ektopik yang Wajib Diketahui

By Dwi Aditya Herfiansyah → Selasa, 17 Juli 2018
kehamilan ektopik

Normalnya wanita memang hamil di bagian rahim, setelah sebelumnya terjadi pembuahan sel telur oleh sel sperma pada bagian yang dinamakan sebagai tuba falopi, maka nantinya zigot tersebut akan digiring untuk menempel pada dinding rahim. Namun pada beberapa kondisi ada kehamilan yang kurang normal disebut sebagai ektopik atau hamil di luar kandungan. Penyebab hamil di luar kandungan ini juga sangat bervariasi.

Mungkin Anda sendiri banyak yang sudah mengenal istilah ini, kehamilan ektopik ini disebabkan karena memang zigot atau hasil dari pembuahan antara sel telur dan juga sel sperma tidak bisa digiring menuju ke rahim, sehingga menyebabkannya tetap tumbuh dan berkembang pada saluran tuba falopi ini. Pastinya resiko yang terjadi bagi mereka yang mengalami kehamilan semacam ini juga sangat tinggi terhadap keguguran atau sejenisnya.

Faktor hormon bisa jadi penyebab ektopik, contohnya adalah mendapatkan suntikan dietilstilbestrol atau DES yang menjadi pemicu masalah yang berhubungan dengan falopi, karena terjadi pelengketan di bagian tersebut, akibatnya resiko hamil di luar kandungan juga tinggi. Adapun beberapa macam gejala terkait dengan kehamilan ini, diantaranya adalah: 

1. Rasa nyeri pada perut bagian bawah, hal ini bahkan disertai dengan beberapa macam gejala seperti rasa pusing berlebihan dan juga mual, seperti halnya pada wanita yang hamil normal, namun berlangsung secara lebih parah.
2. Terdapat pendarahan atau bercak darah ada bagian vagina, gejala lainnya yang juga turut untuk menyertai adalah gejala seperti menstruasi atau terdapat bercak darah yang keluar dari vagina, padahal dalam kondisi hamil.
3. Pecahnya dinding tuba falopi, dalam kondisi yang semakin parah, maka dinding leher rahim atau tuba falopi ini nantinya akan pecah karena pembengkakan tersebut.

Memang cara paling aman untuk mengetahui dan segera melakukan langkah penanganan terhadap masalah tersebut adalah dengan melakukan USG, melihat apakah kehamilan berlangsung secara normal atau tidak, sehingga jika terjadi masalah bisa dilakukan tindak penanganan agar tidak semakin parah. 

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Menilik Gejala Terjadinya Kehamilan Ektopik yang Wajib Diketahui "