Tags:

Begini Caranya Merawat Lantai Marmer dan Granit

By Dwi Aditya Herfiansyah → Minggu, 25 Maret 2018
Marmer dan granit adalah dua jenis batu alam yang menjadi favorit banyak konsumen untuk dijadikan lantai kamar mandi. Selain mengkilap dan tahan lama, material marmer dan granit akan membuat kamar mandi anda menjadi modern dan dapat menjadi acuan dalam koleksi kamar mandi mewah. Harga jualnya pun tergolong mahal dibandingkan material lainnya.
perawatan lantai marmer granit


Untuk perawatannya, tidak terlalu sulit namun membutuhkan perhatian khusus karena dua material ini kurang cocok dan produk pembersih lantai biasa.

Lalu, bagaimana cara merawat lantai marmer dan granit agar selalu mengkilap? Berikut adalah beberapa caranya.

Coating Secara Rutin

poles marmer

Lakukan coating secara rutin pada lantai marmer dan granit setiap 3 atau 4 bulan sekali. Tujuannya, untuk melindungi permukaan marmer dari goresan atau noda yang menempel. Untuk pencegahan, jangan lupa untuk memberi alas di bawah benda yang hendak diletakkan di atas lantai marmer dan granit seperti guci, pot tanaman, atau hiasan lain agar terhindar dari goresan.

Gunakan Cairan Khusus

cairan pembersih marmer

Menggunakan cairan pembersih khusus marmer merupakan salah satu solusi kamar mandi terbaik dalam hal merawat lantai marmer dan granit. Caranya mudah, cukup tuang satu tutup botol cairan pembersih ke dalam wadah yang telah diisi air setengah gayung, aduk hingga tercampur, ambil kain microfiber dan celup ke dalam wadah, lalu bersihkan permukaan marmer. Anda juga dapat menggunakan cairan yang mengandung ammonia atau hydrogen peroksida untuk membersihkan lantai marmer dan granit anda dari jamur, tentunya jangan lupa untuk mengetes reaksi lantai dengan meneteskan sedikit cairan di sudut kecil kamar mandi anda.

Gunakan Sabun Cuci Piring Cair

sabun pembersih lantai

Jika anda tidak memiliki cairan pembersih khusus, anda juga dapat menggunakan sabun cuci piring cair untuk membersihkan lantai marmer dan granit. Caranya, siapkan seember air hangat bercampur sabun cuci piring cair, lalu pel lantai menggunakan kain serat halus atau alat pel yang lembut, setelah selesai lalu pel kembali lantai menggunakan air dingin untuk menghilangkan sisa sabun dan kotoran. Setelah itu, poles lantai menggunakan kain microfiber kering dan bersih untuk mengembalikan kilaunya. Jangan pernah membiarkan lantai marmer dan granit kering secara alami karena akan menimbulkan bercak air pada lantai.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Begini Caranya Merawat Lantai Marmer dan Granit "