Tentang Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi

By Dwi Aditya Herfiansyah → Kamis, 13 Oktober 2016
Darah tinggi adalah salah satu penyakit yang sering dialami oleh manusia dengan usia lanjut. Meskipun tidak menutup kemungkinan bisa juga menyerang Anda yang masih berusia muda. Darah tinggi sebenarnya bisa dicegah dengan cara menerapkan gaya hidup sehat. Bagi Anda yang sudah terserang darah tinggi atau hipertensi jangan khawatir dulu. Sebab ada menu makanan sehat yang bisa Anda konsumsi. Diharapkan adanya rangkaian makanan ini bisa membuat Anda mencegah kambuhnya hipertensi. Apa sajakah makanan tersebut? Berikut adalah ulasannya.
cara mengolah makanan sehat

Gejala Terjadinya Hipertensi atau Penderita Darah Tinggi

Tapi sebelum mengetahui tentang menu makanan untuk penderita hipertensi, sebaiknya Anda ketahui dulu penyebab hipertensi bisa muncul. Ada berbagai faktor pemicu munculnya hipertensi. Misalnya stress, obesitas, mengkonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi dan masih banyak lagi. Gejala hipertensi juga hampir sama dengan penyakit ringan pada umumnya. Beberapa gejala hipertensi adalah seperti berikut:
  • - Sakit kepala berlebihan.
  • - Merasa mual dan pening.
  • - Wajah dan tubuh memerah.
  • - Beberapa penderita mengalami mimisan.
Jika sudah mengalami berbagai gejala ini sebaiknya segera lakukan tensi untuk mengetahui tekanan darah yang ada pada tubuh. Atau lebih amannya datang saja ke dokter untuk mendapatkan penanganan sejak dini.

Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Hipertensi

Menu makanan yang sehat dan bisa dikonsumsi oleh penderita hipertensi ada banyak. Beberapa diantaranya adalah seperti berikut:

  • - Konsumsilah makanan dengan kadar garam yang rendah. Jadi usahakan ketika memasak makanan kurangi kadar garamnya.
  • - Konsumsi daging beku yang masih segar sebab daging seperti ini mengandung kadar sodium yang lebih rendah. Untuk cara memasaknya disarankan dengan cara dipanggang saja. Tidak disarankan bagi penderita hipertensi untuk mengkonsumsi daging kaleng karena kadar garamnya lebih tinggi.
  • - Konsumsi air putih dengan jumlah yang ideal. Sehingga kadar cairan dalam tubuh lebih terjaga.
  • - Terakhir, hindari mengkonsumsi makanan yang menjadi pantangan untuk penderita diabetes.

Itulah berbagai menu makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.

Ganti Gula Anda dengan Gula Rendah Kalori

Selama ini hampir seluruh produk makanan sehari-hari mengandung kadar gula dan kalori yang tinggi. Tentunya hal ini sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Karena itulah sebaiknya ganti seluruh produk makanan Anda dengan produk makanan terbaik. Misalnya saja produk Tropicana Slim. Seluruh produk Tropicana Slim terbuat dari bahan alami dan sehat jika dikonsumsi oleh tubuh. Ada banyak jenis produk yang ditawarkan oleh Tropicana. Misalnya saja gula jagung rendah kalori, susu rendah kalori, minyak rendah lemak dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah mengganti semua produk dengan Tropicana Slim, jangan lupa untuk tetap olahraga dengan teratur. Nah, untuk para penderita darah tinggi disarankan sebelum olahraga melakukan konsultasi kepada dokter. Konsultasi ini dimaksudkan agar Anda bisa melakukan kegiatan olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh. Sebab jika olahraga tidak sesuai dengan kemampuan tubuh tentu saja sangat membahayakan. Jangan khawatir, tipe olahraga untuk penderita darah tinggi tidak perlu yang berat. Meskipun olahraganya termasuk ringan, sebaiknya tetap lakukan dengan rutin.

Apakah sudah cukup dengan mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga saja? Jawabannya tentu saja tidak. Anda harus tetap melakukan check up ke dokter ataupun rumah sakit secara teratur. Sehingga Anda bisa mengetahui perkembangan darah tinggi yang diderita. Jangan lupa minum obat secara teratur. Obat inilah yang bisa membantu darah tinggi cepat sembuh dan tidak sering kambuh kembali. Nah, itulah ulasan tentang makanan yang patut dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

Bagaimana Cara Mengolah Makanan Sehat dengan Tepat ?

menu makanan sehat

Sumber utama dari kesehatan tubuh adalah makanan sehat yang kita konsumsi setiap hari. Makanan yang baik tidak hanya berasal dari berbagai sumber bahan makanan yang rendah lemak dan kaya akan protein saja tetapi cara mengolahnya pun juga dapat mempengaruhi kualitas makanan tersebut. Cara mengolah makanan yang tepat dapat menjaga kandungan vitamin dan zat baik lain yang terdapat didalamnya sehingga tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang tepat dan sehat. Bagaimana cara mengolah makanan yang tepat?

Berikut adalah beberapa tips mengolah makanan yang tepat agar lebih sehat dan tidak merusak kandungan nutrisi didalamnya:

1. Memisahkan bahan makanan 

Sebaiknya pisahkan antara bahan makanan mentah seperti ikan, daging, dan lainnya dengan makanan jadi serta simpan bahan makanan mentah dalam keadaan tertutup rapat. Hal ini untuk menghindari terjadinya penyebaran mikroorganisme berbahaya yang masih terdapat dalam bahan makanan mentah. 

2. Gunakan peralatan masak berbeda

Saat memasak sebaiknya gunakan peralatan masak yang berbeda seperti penggorengan yang digunakan untuk menggoreng ikan harus berbeda dengan penggorengan yang digunakan untuk menumis sayuran dan masih banyak lainnya.  Hal ini untuk menjaga kebersihan bahan makanan dan juga dapat menjaga cita rasanya.

3. Pastikan memasak kuah hingga mendidih

Saat memasak makanan berkuah sebaiknya pastikan bahwa air kuahnya masak hingga mendidih. Hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri atau mikroorganisme yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. 

4. Jangan membiarkan masakan terlalu lama di suhu ruangan

Setelah makanan selesai dimasak maka sebaiknya jangan biarkan masakan terlalu lama di suhu ruangan karena makanan cepat rusak sehingga kandungan nutrisinya tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh. Sebaiknya segera simpan masakan yang telah matang dalam lemari pendingin dan kamu dapat memanaskannya kembali untuk dihidangkan.  

5. Pastikan kebersihannya

Sebelum mengolah bahan makanan pastikan tangan dalam keadaan bersih dan cuci semua bahan makanan sebelum dimasak untuk menghilangkan kotoran, debu, dan pestisida yang menempel. 

6. Hindari hewan peliharaan saat memasak

Saat memasak sebaiknya jauhkan hewan peliharaan dari area dapur karena dapat memperluas penyebaran kuman dan bakteri dalam makanan.  

Mengkonsumsi makanan sehat dapat menjaga kesehatan tubuh, jadi mulai dari sekarang ganti gula biasa dengan Tropicana yang lebih sehat.

Cara ini pun dapat berpengaruh terhadap anda yang sedang diet, simak Resep rahasia diet dengan menu makan sehat ini.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Tentang Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi "