Inilah Beberapa Cara Mengatasi Alergi Kulit Secara Alami

By Dwi Aditya Herfiansyah → Kamis, 22 Oktober 2015
mengatasi gatal pada kulit

Alergi merupakan reaksi yang tidak normal terhadap sesuatu. Penyebab orang terkena alergi kulit yang paling sering kita dengar adalah makanan, dan juga debu. Alah satu alergi yang menganggu adalah alergi kulit. Alergi kulit akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi alergi kulit yang menyebabkan kulit menjadi gatal-gatal atau bahkan bengkak dan memerah. Untuk itu Anda harus berhati-hati dengan sesuatu yang dapat menyebabkan alergi Anda kambuh.

Masing-masing orang memiliki riwayat alergi yang berbeda-beda. Untuk itu sebelum mengatasi alergi Anda hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengkonsultasikan keluhan Anda terlebih dahulu kepada dokter maupun orang yang ahli dalam bidangnya. Setelah mengetahui apa yang menyebabkan alergi pada tubuh Anda barulah Anda dapat menyesuaikan dengan cara mengatasi alergi kulit dengan alami pada diri Anda maupun orang yang Anda sayangi dan memiliki alergi kulit. Disini saya akan membagikan cara mengatasi alergi kulit secara alami pada Anda sesuai dengan penyebab alergi yang Anda derita.

Pertama ialah cara mengatasi alergi kulit yang disebabkan oleh debu. Untuk menghindari deu tentu saja cara yang harus Anda lakukan adalah menjaga kebersihan lingkungan Anda dari debu. Jangan biarkan debu menumpuk pada barang-barang yang sering Anda gunakan, Anda harus rajin membersihkan lingkungan Anda agar terhindar dari debu. Jika menghadapi tempat berdebu sebaiknya Anda menggunakan masker, agar debu tidak mengenai Anda. selain itu perhatikannya juga penyaringan udara yang masuk kedalam ruangan Anda. karena udara juga berbahaya jika membawa debu yang ingin Anda hindari.

Lalu alergi yang disebabkan makanan. Untuk mengatasi alergi yang disebabkan oleh makanan Anda harus memperhatikan dan mengatur pola makan yang sehat untuk Anda sehari-hari. Tanyakan terlebih dahulu jenis makanan apa yang dapat menimbulkan alergi pada kulit Anda. jika telah mengetahuinya sebisa mungkin Anda harus menghindari makanan itu. Saat makan diluar Anda juga harus menanyakan telebih dahulu apakah dalam makanan tersebut ada jenis makanan yang Anda hindari.

alergi kulit


Alergi kulit memang kerap kali menjangkit seseorang terlebih buat mereka yang memiliki kulit sensitif. Alergi kulit ini biasa ditandai dengan bintik-bintik kemerahan pada kulit dan kadangkala terasa gatal atau panas. Bila anda termasuk memiliki kulit sensitif dan rentang akan alergi kulit. Berikut ini ada beberapa tipsnya buat anda 

Menjaga kebersihan lingkungan.

Rumah merupakan tempat berlindung bagi kita semua. Namun perlu anda tahu bila rumah juga merupakan tempat berlindungnya beberapa jenis virus dan bakteri salah satunya penyebab alergi kulit. Biasa virus dan bakteri tersebut terbawa oleh partikel debu yang menempel pada segala perabot rumah tangga yang ada di rumah. Untuk itu bersihkanlah rumah anda secara teratur untuk membatasi berkembangnya virus dan bakteri. 

Hindari makanan penyebab alergi kulit.

Makanan juga merupakan salah satu penyebab terjadinya alergi kulit. Untuk itu hindarilah makanan yang biasa menyebabkan alergi kulit. Makanan yang biasa menyebabkan alergi kulit diantaranya adalah berbagai olahan seafood, telur, kacang-kacangan, susu dll. Sebaiknya anda menghindari jenis makanan yang seperti itu dan menggantinya dengan sayur dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin dan mineral.  

Tutup ventilasi udara dengan kawat penyaring.

Virus dan bakteri biasa terbawa oleh partikel-partikel debu yang dibawa oleh angin. Untuk mengurangi penyebaran virus dan bakteri, anda bisa menutup lubang angin-angin yang ada di rumah dengan menggunakan kawat penyaring. Hal ini dimaksutkan untuk mengurangi jumlah partikel debu pembawa virus dan bakteri penyebab alergi kulit masuk dalam ruangan rumah. 

Atur temperature ruangan.

Usahakan temperature ruangan dalam rumah dalam suhu diantara 18 hingga 20 derajat celcius. Hal ini dikarenakan virus dan bakteri akan lamban berkemabngnya pada suhu tersebut. Anda bisa menggunakan bantuan alat seperti ionizer untuk membantu dalam memurnikan partikel udara. Selain itu sebaiknya anda menghindari penggunakan furniture yang mudah menyerap debu seperti karpet.  


Itulah beberapa cara mengatasi alergi kulit secara alami yang mungkin bermanfaat bagi anda. Tetap jaga kondisi badan anda.

Post Tags:

tips media online net
Tips Media Online Net

Media online yang mengulas tentang berbagai tips dan cara kesehatan, keuangan, perawatan, fashion, dan lainnya. Semoga ulasan yang kami berikan dapat bermanfaat bagi Anda.

No Comment to " Inilah Beberapa Cara Mengatasi Alergi Kulit Secara Alami "